Ramaikan Kegiatan Anak Nagari, Generasi Muda Koto Baru Pessel Dirikan Sanggar Kesenian

Generasi Muda di Koto Baru Pessel Bermain Kesenian Randai
Generasi Muda di Koto Baru Pessel Bermain Kesenian Randai (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Sekelompok generasi muda, di Kampung Koto Baru, Kenagarian Aurduri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel )-Sumbar meresmikan Sanggar Kesenian Randai , Sabtu 30 September 2017 malam. Hal itu, dilakukan untuk meramaikan kegiatan anak nagari dan melestarikan kesenian rakyat daerah setempat.

Sanggar yang diresmikan sekelompok generasi muda ini, begitu menarik perhatian masyarakat setempat. Kenapa tidak, sanggar yang dibentuk dalam waktu yang singkat itu bisa hadir di tengah masyarakat. Meski sanggar tersebut hanya digerakan oleh generasi muda yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan sejumlah generasi muda putus sekolah, di daerah itu.

baca juga: Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 di Pessel Bertambah 9 Orang, Positif Baru 5 Orang

"Sebelumnya kami hanya bercerita dari mulut ke mulut. Dari rasa kesadaran dan kekompokan yang kami miliki, akhirnya bergerak dan sampai diresmikan sebagai sebuah sanggar kesenian berkat dukungan tokoh masyarakat serta masyarakat Koto Baru khususnya," sebut Ketua Sanggar Muhammad Fendri pada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, dalam menggerakan sanggar di Kampung itu, generasi muda ini tidak memiliki pengetahuan dan keahlian khusus dalam bidang kesenian. Namun, karena iktikad dan semangat yang dimiliki, mereka berupaya secara swadaya dan mewujudkan niat tersebut menjadi kenyataan.

baca juga: Pencarian Satu Korban Hanyut di Airpura Pessel Hingga Hari Ketiga Belum Membuahkan Hasil

"Dari cerita ke cerita itu, lahir sebuah nama dari kami. Untuk seluruh, perkelengkapan lapangan dan persiapan yang lainnya, kami jalan sumbangan dari donotur secara sukarela hingga mulai jalan seperti saat ini," terangnya.

Lanjutnya, sanggar kesenian yang diresmikan saat itu, bernama 'Sanggar Kurai Tanjung Koto Baru', di bentuk 09 September 2017. Dalam kegiatan sanggar tersebut, generasi muda ini memokuskan kesenian randai sebagai gerakan kesenian awal dalam menjaga jalannya sanggar.

baca juga: Paslon 01 Pilkada Pessel Singgung Soal Wisata Halal, Paslon Urut 03 Sebut Hal Ini

"Semoga sanggar yang kami gerakan saat ini, bisa hidup sampai kapanpun. Meski, kami sebagai pengurus tidak memiliki keahlian khusus dalam bidang ini," tukuknya.

Peresmian sanggar sekolompok generasi muda ini ikut dihadiri Muspika setempat seperti, Kapolsek Sutera AKP Alkadri, serta Wali Nagari Aurduri Surantih Rajunas dan Anggota DPRD Pessel Dapil Sutera-Lengayang Ikal Jonedi. Ikal yang sekaligus sebagai penasehat sanggar menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang digerakkan anak-anak muda di kampung itu.

baca juga: 3 Jam Debat Kandidat Putaran Kedua, Ini Hasilnya

"Bagi kita, gerakkan positif yang dilakukan pemuda-pemudi atau generasi muda ini sangat kita dukung. Sebab, selain bersifat positif, kegiatan yang mereka gerakan ini bisa meramaikan kampung dan berguna untuk pembentukan karakter generasi,"pungkasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Rezka Delpiera