Studi: Makanan Pengganti Protein Sebabkan Defisiensi Yodium pada Tubuh

Ilustrasi
Ilustrasi (feedstuffs.com)

KLIKPOSITIF - Ada sebagian orang yang tidak dapat mengonsumsi susu karena memiliki intoleransi glukosa, sehingga mencari altenatif makanan yang dapat menggantikan protein yang terkandung di dalam tubuh.

Ternyata penelitian mengungkapkan bahwa, konsumsi makanan alternatif susu ini dapat menyebabkan seseorang memiliki resiko terkena defisiensi yodium. Defisiensi yodium/kekurangan yodium adalah kondisi yang terjadi ketika seseorang kurang mendapatkan asupan yodium, sehingga tubuh tidak mampu menghasilkan hormon tiroid secara memadai

baca juga: Presiden Bagi-Bagi Nasi, Refly Harun: Saya Bisa Katakan Ini Kerumunan, Tapi.....

Memiliki jumlah yodium yang cukup penting untuk membuat hormon tiroid dalam tubuhm, karena hal ini dapat membantu sel dan tingkat metabolisme tetap sehat. Selain itu, konsumsi yodium penting bagi ibu hamil untuk perkembangan otak bayi, terutama saat bayi masih berada di dalam rahim.

Selama penelitian, para periset dari Universitas Surrey memeriksa kandungan yodium dari 47 minuman alternatif susu, seperti kedelai, almond, kelapa, gandum, beras, hazelnut dan biji rami, tapi alternatif susu ini tidak termasuk yang dipasarkan secara khusus untuk bayi dan anak-anak. Makanan itu dimasukkan ke dalam studi oleh periset untuk membandingkannya dengan protein yang terkandung susu sapi.

baca juga: Ternyata Banyak Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Rumput, Simak Ulasannya

Penelitian dilakukan pada bulan-bulan musim dingin. Sementara itu, minuman yang juga diteliti pada studi itu terdiri dari empat belas adalah kedelai, sebelas almond, enam kelapa, enam gandum, lima nasi, tiga hazelnut dan dua rami. Susu sapi yang diuji adalah susu rendah lemak.

Pada akhir penelitian, para periset menemukan bahwa sebagian besar makanan yang dipilih sebagai susu tidak memiliki kadar yodium yang memadai. Hal ini tentunya membuat periset setuju bahwa seorang inteloransi glukosa benar-benar harus menemukan pengganti protein susu yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

baca juga: Viral Pembagian Nasi Kotak dari Presiden, Beragam Komen Netizen Bermunculan

Sumber: www.Boldsky.com

Penulis: Khadijah