Ilmuwan Berhasil Temukan Protein yang Sebabkan Nyeri Sendi

Ilustrasi
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Penelitian ilmuwan dari University of Alabama di Birmingham, telah berhasil mengidentifikasi adanya sebuah mekanisme, yang menyebabkan tubuh berhenti memproduksi sel penguat tulang di usia tua. Hal inilah yang menyebabkan munculnya rasa nyeri pada persendian.

Nyeri pada persendian dan tulang merupakan salah satu masalah yang paling umum dialami orang usia lanjut. Hal ini dapat mempengaruhi gerakan seseorang yang biasanya berusia lanjut. Gejala ini biasanya dirasakan yakni nyeri pada lutut dan tulang.

baca juga: Kenapa Creatine Digunakan Atlet dan Tidak Termasuk Doping?

Hasil penelitian ini dipublikasikan pada jurnal Prosiding National Academy of Sciences. Selama studi yang dipimpin oleh Yi-Ping Li, ilmuwan itu menemukan protein yang disebut Cbf-beta yang memainkan peran penting dalam mempertahankan sel penguat tulang.

Penelitian dilakukan pada tikus berumur lanjut. Selama penelitian, para peneliti menemukan bahwa, ada penurunan kadar protein itu pada sel sumsum tulang tikus usia tua dibandingkan dengan tikus yang lebih muda.

baca juga: Politisi NasDem: Jangan Hanya Fokus Penanganan Pandemi Covid-19, Imunisasi Dasar Lengkap Penting

Temuan itu menunjukkan, ketika mekanisme ini tidak berfungsi, sel progenitor berhenti menciptakan sel penghasil tulang, bahkan malah menciptakan sel-sel lemak. Oleh karena itu, mempertahankan Cbf-beta ini mungkin penting untuk mencegah osteoporosis terkait menuanya usia manusia, karena peningkatan pembentukan sel lemak.

Sumber: www.Boldsky.com

baca juga: Belum Juga Vaksinasi COVID-19, Djokovic Kini Juga Terancam Gagal Berpartisipasi di Roland Garros

Penulis: Khadijah