Ini Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Setelah Makan

Ilustrasi
Ilustrasi (ummi online)

KLIKPOSITIF - Positifers, tahukah Anda bahwa beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa disadari dampak merusak kesehatan Anda? Ahli kesehatan mengungkapkan ada beberapa kebiasaan yang dapat mempengaruhi proses pencernaan hingga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Pencernaan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi setiap aspek kesehatan kita. Bila pencernaan tidak bekerja dengan baik, tubuh jadi tidak bisa menyerap nutrisi dengan benar. Sehingga Anda akan merasa lelah dan lesu dalam waktu yang tidak menentu, serta dapat mempengaruhi kesehatan Anda pada akhirnya.

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Berikut ini ada beberapa kebiasaan setelah makan yang dapat mengganggu pencernaan Anda:

1. Langsung Tidur Setelah Makan:
Makan malam larut malam dan langsung tidur adalah kebiasaan yang banyak dilakukan banyak orang. Tapi ternyata hal ini dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan Anda, jika Anda tidur dalam waktu satu jam setelah makan yang menjadi sangat berbahaya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ini dapat meningkatkan resiko Anda terkena stroke, meningkatkan kadar gula darah, kolesterol dan terganggunya aliran darah.

baca juga: Mau Sukses Seleksi CPNS? Coba Ikuti Kiat Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Ini

2. Minum Teh Setelah Makan:
Minuman seperti teh dapat menghambat penyerapan zat besi. Hal ini disebabkan oleh sejumlah besar senyawa polifenol di dalam teh, sehingga tubuh menjadi kekurangan zat besi yang bisa menyebabkan anemia.

3. Langsung Bekerja Setelah Makan:
Ini diketahui dapat menyebabkan Anda terkena kram jika Anda langsung bekerja setelah makan. Karena aktivitas yang dilakukan saat telah makan dapat mempengaruhi pencernaan Anda. Usahakan untuk menghindari hal ini.

baca juga: Jangan Sembarangan Pilih Warna Baju Renang Bagi Anak, Sebaiknya Hindari Warna Ini

4. Merokok Setelah Makan:
Merokok setelah makan dapat menghilangkan sebagian besar nutrisi yang Anda dapat saat makan. Hal ini juga mempengaruhi penyerapan vitamin dan mineral penting dalam tubuh.

5. Mandi:
Jika Anda langsung mandi setelah makan, tubuh Anda mengatur aliran darah menuju kulit Anda lebih cepat dalam melakukan perubahan suhu pada tubuh. Hal ini dapat menjadikan sedikitnya darah yang tersedia untuk mencerna makanan Anda.

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

6. Makan Buah:
Buah memerlukan enzim yang berbeda untuk dicerna tubuh. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk memakan buah adalah pada saat perut kosong. Jika Anda memakannya tepat setelah makan, tubuh Anda tidak akan bisa mencernanya dengan benar.

Penulis: Khadijah