Ini 7 Makanan yang Dapat Menyebabkan Anda Terkena Sembelit

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF  - Apa mungkin Anda menderita sembelit namun Anda tidak menyadarinya? Nah, sembelit adalah adalah kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. Ada orang yang buang air besar setiap hari, namun ada juga yang setiap dua hari. Namun jika sulit atau jarang buang air besar, berarti Anda mengalami sembelit.

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V


Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan Anda menderita sembelit, lho Positifers!

1. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng dan pizza dapat menyebabkan sembelit karena mengandung lemak tinggi dan rendah nilai gizi. Karena hal ini menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan memperlambat pergerakan usus.

baca juga: Mau Sukses Seleksi CPNS? Coba Ikuti Kiat Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Ini

2. Kopi dan Teh Hitam
Kafein mengurangi sembelit dengan merangsang usus Anda. Tapi jika Anda mengalami dehidrasi, ia akan bekerja dengan cara sebaliknya sehingga menyebabkan Anda mengalami sembelit.

3. Roti Putih
Tidak seperti roti gandum atau whole grain, roti putih mengandung pati dan memiliki sedikit serat, sehingga dapat menyebabkan sembelit.

baca juga: Jangan Sembarangan Pilih Warna Baju Renang Bagi Anak, Sebaiknya Hindari Warna Ini

4. Daging Merah
Daging merah merupakan istilah kuliner yang merujuk kepada daging yang berwarna kemerahan seperti daging sapi, kambing, kuda, domba, dan babi. Daging ini diketahui mengandung lemak dan serat protein berat sehingga sulit bagi usus Anda untuk mencernanya. Tingginya kandungan zat besi pada daging ini juga membuat Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsinya.

5. Gluten
Gluten adalah protein kompleks yang ditemukan pada biji-bijian tertentu, seperti gandum, gandum hitam dan makanan lainnya. Banyak orang yang sensitif terhadap kandungan senyawa ini,sehingga dapat mengembangkan masalah autoimun yang intens saat dikonsumsi. Sebaiknya hindari makanan ini jika Anda memiliki masalah intoleransi gluten, karena dapat sebabkan sembelit.

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

6. Pisang Mentah
Pisang matang diketahui bisa membantu buang air besar dan mengurangi sembelit. Sayangnya, pisang yang mentah melakukan yang sebaliknya. Hal ini karena pisang mentah memiliki terlalu banyak pati di dalamnya, yang membuat tubuh sulit mencernanya. Dan jumlah serat pektin yang tinggi membuat tubuh Anda dehidrasi sehingga dapat menyebabkan Anda terkena sembelit.

7. Cokelat
Cokelat mungkin terasa lezat. Tapi jumlah lemak yang tinggi di dalamnya membuat makanan ini dapat menyebabkan sembelit.

Sumber: www. Boldsky.com

Penulis: Khadijah