Ternyata Anda Bisa Atasi Gigi Sensitif dengan Konsumsi Teh Hijau!

Ilustrasi
Ilustrasi (Health Liputan6)

KLIKPOSITIF - Studi baru yang dipublikasikan pada jurnal ACS Applied Materials & Interfaces mengungkapkan, senyawa yang ditemukan dalam teh hijau dapat membantu memperbaiki masalah sensitivitas gigi dan juga mencegah gigi berlubang.

Rasa sensitif pada gigi terjadi karena lapisan pelindung gigi hilang dan jaringan tulang yang disebut dentin telah hilang. Sehingga saat Anda makan atau minum apapun yang terlalu panas atau terlalu dingin itu menimbulkan rasa sakit pada gusi.

baca juga: Tidak Hanya Corona, Menko PMK Minta Panitia Perhatikan Potensi Penyakit Malaria Saat PON Papua

"Jika Anda membiarkan hal itu berlangsung lebih lama, hal itu akan menyebabkan pembentukan rongga pada lapisan gigi," ujar salah seorang periset dari studi tersebut.

Pada studi tersebut, para peneliti Cui Huang dari Universitas Wuhan di China dan tim tersebut telah mencoba menggunakan bahan yang terkandung dalam teh hijau seperti nanohidroksiapatit dan EGCG, yang dapat membantu melawan streptococcus mutans, membentuk biofilm yang menyebabkan rongga.

baca juga: Anda Mengalami Sejumlah Masalah di Kulit Wajah, Mungkin Kurang Tidur Penyebabnya

Bahan-bahan itu kemudian dikombinasikan dengan mineral silika nanopartikel yang diketahui melindungi gigi dari endapan asam pada enamel dan mencegah keropos pada gigi. Senyawa teh hijau juga berperan sebagai pengharum nafas alami.

Sementara itu, para periset juga menemukan bahwa katekin (seperti EGCG) menghentikan adhesi (bahan yang mengandung gula), yang menyebabkan pembentukan plak pada gigi. Bakteri pada gilirannya memberi makan pada asam penghasil plak yang mempercepat erosi permukaan gigi.

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

Sumber: www. Boldsky.com

Penulis: Khadijah