Lakukan Hal ini saat Anda Susah Bernapas

Ilustrasi
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Tubuh membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup dan oleh karena itu, pernapasan merupakan mekanisme penting. Melalui pernapasan, tubuh Anda mencoba menyeimbangkan kadar ideal oksigen dan karbon dioksida di tubuh Anda.

Sebagian besar dari kita berpikir bahwa pernapasan hanya untuk mendapatkan oksigen tapi pernapasan yang tidak benar juga mengganggu tingkat karbon dioksida yang ideal. Dilansir dari laman Boldsky, lakukan beberapa ha berikut jika Anda mengalami masalah dalam pernapasan.

baca juga: Bibir Anda Menghitam, Kenali Faktor Penyebabnya

1. Buka jendela

Menghabiskan waktu duduk di dekat jendela yang terbuka bisa membantu. Padahal, orang yang menderita asma butuh ventilasi.
Selain itu, berjalan-jalan dan menghirup udara segar juga bisa membantu mempermudah pernapasan. Jika Anda berada di dalam rumah, maka jaga agar kipas tetap menyala.

baca juga: Penuhi Nutrisi Saat Hamil, Ini Jenis Buah-buahan yang Direkomendasikan

2. Gunakan Dehumidifier

Jika kelembaban di dalam rumah terlalu banyak, maka gunakan dehumidifier bisa membantu bernafas dengan benar.

baca juga: Stres Berdampak Buruk Pada Kesehatan, Ini Cara Mengelolanya

3. Gunakan Air Conditioner

Mengaktifkan AC juga membantu saat ruangan penuh dengan udara panas sehingga sulit untuk bernafas. Udara sejuk bisa bernafas dengan mudah sedangkan udara panas mengandung lebih banyak kelembaban.

baca juga: Ini Saran Fisioterapis Agar Tetap Banyak Gerak

4. Jauhi Perokok

Asap di sekitar Anda juga dapat menyebabkan masalah pernapasan terutama jika Anda sudah menderita masalah terkait paru-paru. Karena itu, hindari tempat yang penuh asap.

Penulis: Fitria Marlina