Ini Tips Menggunakan Masker Tanah Liat

Masker tanah liat.
Masker tanah liat. (Boldsky.)

KLIKPOSITIF - Masker tanah liat diketahui memang sangat bagus digunakan pada kulit. Fungsi utama masker tanah liat adalah membantu menyerap sebum alami dan membuat kulit tetap terhidrasi dan lembut. Menggunakan masker tanah liat dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan juga membantu menyingkirkan sel kulit mati pada permukaan kulit.

Seringkali penggunaan masker tanah liat juga menjanjikan tampilan sehat, bercahaya dan bebas minyak. Tidak peduli apakah Anda memiliki kulit kering atau berminyak, masker tanah liat dapat membantu memberi manfaat pada jenis kulit apapun. Namun, berikut adalah beberapa peraturan penting yang harus Anda ikuti saat menggunakan masker tanah liat, dilansir Boldsky:

baca juga: Pakar Sebut Hanya Ada 4 Jenis Pasangan di Dunia, Mana Tipemu?

1. Pilih Jenis yang Tepat
Satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah menggunakan topeng tanah liat sesuai jenis kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak maka harus memilih tanah liat hijau Prancis. Jika Anda menggunakan masker tanah liat untuk mencerahkan kulit maka gunakan masker tanah liat merah. Selain itu, tanah liat abu vulkanik membantu menjaga kulit tetap bersih dan kering setiap saat.

2. Tindak Lanjut Dengan Masker Hydrating
Penting untuk menggunakan masker hydrating setelah Anda menggunakan masker tanah liat. Terkadang, menggunakan masker tanah liat bisa mengeringkan kulit dan karenanya Anda harus menggunakan masker lembaran atau masker hydrating, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembut, lentur dan terhidrasi.

baca juga: Cari Tahu Kondisi Batin Saat ini, Coba Ikut Tes Kepribadian Ini

3. Jangan Biarkan Masker Kering Sepenuhnya
Begitu lapisan atas masker mulai berubah warnanya, Anda harus mencucinya. Anda harus mencegah masker tanah liat kering sepenuhnya, karena menyerap kelembaban kulit, sehingga membuat kulit lebih kering.

4. Bersihkan wajah
Sebelum menggunakan masker tanah liat di wajah, penting untuk membersihkan kulit Anda secara menyeluruh. Gunakan pembersih ringan dan keringkan. Menggunakan pembersih membantu membuka pori-pori, sehingga menyingkirkan kotoran dari kulit. Anda juga bisa menguapkan wajah terlebih dahulu sehingga membantu membuka pori-pori.

baca juga: 10 Tanda Dia Hanya Pura-Pura Suka Padamu

5. Jangan Sering Gunakan
Anda harus membaca instruksi yang tertulis dan putuskan apakah Anda dapat menggunakannya secara rutin atau tidak. Bagi orang yang memiliki kulit normal, masker tanah liat bisa dipakai sekali dalam seminggu, sedangkan orang yang memiliki kulit berminyak harus menggunakannya dua kali dalam seminggu. Orang dengan kulit kering harus mencegah penggunaan masker cukup sering dan hanya memilih sekali dalam 15 hari.

Sumber: Boldsky

baca juga: Ini 7 Manfaat Air Jahe Jika Dikonsumsi Rutin

Penulis: Elvia Mawarni