Ilmuwan: Zat Kimia Penyebab Kanker Bersembunyi di Kamar Mandi Anda

Ilustrasi.
Ilustrasi. (Shutterstock/Dailymail)

KLIKPOSITIF - Ilmuwan menyerukan bahwa zat kimia karsinogenik dapat bersembunyi di dalam sampo Anda. Zat kimia beracun - 1,4-dioksan - digunakan dalam sejumlah produk mandi termasuk sampo, lotion dan bahkan sabun tangan.

1,4-dioksan adalah cairan bening yang mudah larut dalam air. Zat ini digunakan terutama sebagai pelarut dalam pembuatan bahan kimia dan sebagai reagen laboratorium (zat yang digunakan untuk menyebabkan reaksi kimia).

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Penelitian telah menunjukkan bahwa tikus laboratorium yang menghirup uap 1,4-dioksan selama sebagian besar hidup mereka menderita kanker di dalam hidung dan rongga perut. Selain itu, tikus laboratorium yang minum air mengandung 1,4-dioksan selama sebagian besar hidup mereka menderita kanker hati.
Karena itu, Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia menganggap 1,4-dioksan menjadi karsinogen manusia.

Environmental Working Group menghitung setidaknya 8.000 produk di pasar AS mengandung bahan-bahan yang mungkin mengandung 1,4-dioksan. Meskipun bahan kimia ini tidak sengaja ditambahkan ke sebagian besar produk-produk mandi, zat ini mungkin terjadi sebagai hasil sampingan yang tidak disengaja di beberapa bahan yang digunakan.

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

Sebuah survei 2008 menemukan bahwa bahan kimia itu terdapat dalam 46 persen dari produk perawatan pribadi yang telah diuji. Sejumlah perusahaan telah sepakat untuk berhenti menggunakan 1,4-dioksan termasuk Johnson & Johnson.

Sumber: Daily Mail

baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Varian Omicron Punya Banyak Mutasi

Penulis: Elvia Mawarni