Wanita Hamil Perlu Hati-hati Gunakan Obat Anti Depresi

Ilustrasi
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Penelitian yang dilakukan peneliti The Jama Network dari Rumah Sakit Bicetre University, Le Kremlin-Bicetre, Prancis, pada tahun 2016 terkait penggunaan obat anti depresi selama kehamilan dapat meninbulkan resiko autisme pada anak.

"Penggunaan obat anti depresi yang digunakan sebelum dan selama masa kehamilan dapat dikaitkan dengan resiko tinggi terkena Autisme Spectrum Disorder (ASD) atau lebih dikenal dengan gangguan penyakit autisme pada anak yang dikandung," kata salah seorang peneliti Dr Florence Gressier.

baca juga: Kesadaran Gaya Hidup Sehat Meningkat, Ini Dukungan Pemerintah Untuk Industri Jamu dan Sejenisnya

Ia menambahkan, namun demikian, wanita hamil yang menggunakan obat anti depresi tidak harus berhenti untuk mengonsumsinya, karena akan ada konsekuensi lainnya jika wanita hamil mengidap depresi.

Sebab itu, dari hasil penelitian tersebut dijelaskan bagi wanita yang mengkonsumsi obat anti depresi perlu mengevaluasi setiap resep secara individual terlebih dahulu.

baca juga: Benarkah Jantung Anda Sehat? Ketahui dengan Cara Mudah Ini

"Penggunaan obat anti depresi selama masa kehamilan meningkat di seluruh dunia, disebabkan dari hasil penelitian 15 pesen wanita mengalami depresi selama kehamilan. Wanita yang mengidap depresi namun tidak diobati dapat beresiko terkena kesehatan kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggim," kata Gressier.

Para peneliti mengatakan, penelitian lain menunjukkan bahwa janin di dalam kandungan yang terkena obat anti depresi beresiko terkena gejala ASD, namun penelitian ini juga menemukan 10 hasil yang beragam dari penelitian yang dilakukan.

baca juga: KPU Padang Catat Sudah 469 KPPS Reaktif Covid-19, Bagaimana Persiapan Pencoblosan?

Ketika para peneliti melihat enam dan 10 hasil penelitian dari 117.737 peserta yang merupakan anak-anak pengidap autisme dengan yang tidak mengidap autisme, mereka menemukan hasil bahwa 81 persen dari mereka beresiko terkena ASD jika mereka terkena pengaruh obat anti depresi yang dikonsumsi ibunya selama masa kehamilan.

Sementara itu data dari empat studi memang menunjukkan kemungkinan 77 persen lebih tinggi dari ASD kalangan anak-anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi obat anti-depresi sebelum kehamilan dan selama masa kehamilan. (Khadijah)

baca juga: Bayi Ini Lahir dengan Antibodi Covid-19

Penulis: Eko Fajri