Peneliti Ungkap Penyebab Kenapa Banyak Serangan Hiu Terjadi Saat Bulan Penuh

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Sama seperti manusia serigala dan orang-orang yang terlalu mendalami astrologi , siklus bulan mungkin memiliki pengaruh yang aneh pada hiu - penelitian baru menunjukkan bahwa serangan hiu terjadi lebih sering selama fase bulan yang lebih penuh.

Dalam jurnal Frontiers in Marine Science , para ilmuwan dari Louisiana State University dan University of Florida menyaring data selama 55 tahun tentang serangan hiu dari File Serangan Hiu Internasional Museum Sejarah Alam Florida. Ini mengungkapkan korelasi yang jelas antara serangan hiu dan fase bulan , dengan lebih banyak serangan hiu terjadi selama periode pencahayaan bulan yang lebih tinggi dan lebih sedikit serangan selama periode pencahayaan yang lebih rendah.

baca juga: Wagub Sumbar Minta DKP Berinovasi Kelola Potensi Kelautan

Alasan untuk pengamatan yang aneh ini, bagaimanapun, tidak pasti. Anda mungkin berasumsi itu ada hubungannya dengan cahaya bulan yang menyinari laut , membuat mangsa lebih terlihat - tetapi para peneliti menduga ada faktor lain yang berperan.

Dua kandidat yang mungkin adalah pengaruh gravitasi bulan terhadap pasang surut air laut , dan bahkan mungkin pengaruhnya terhadap medan elektromagnetik yang digunakan hiu dan banyak makhluk lain untuk bernavigasi .

baca juga: Studi Baru Mengansumsikan Kepunahan Massal Keenam Sedang Berlangsung

"Ini bukan masalah lebih banyak cahaya di malam hari untuk dilihat hiu . Kebanyakan serangan hiu terjadi pada siang hari. Namun, bulan dapat mengerahkan kekuatan lain di Bumi dan lautan dengan cara yang jauh lebih halus -- misalnya, tarikan gravitasi yang kita lihat memengaruhi pasang surut," kata Steve Midway, penulis studi dan profesor oseanografi di Louisiana State University, dalam sebuah pernyataan .

Meskipun mereka mengakui bahwa hubungan antara fase bulan dan serangan hiu mungkin tidak menjadi penyebab sama sekali, faktor lain dapat menjelaskan hubungan tersebut atau mungkin hanya kebetulan, mereka percaya bahwa hubungan tersebut cukup kuat untuk menjamin penyelidikan lebih lanjut.

baca juga: Ilmuwan: Dalam Enam Tahun Berturut-turut, Lautan Semakin Panas

"Data yang kami miliki akan menunjukkan bahwa ada sesuatu di sana yang layak untuk terus dilihat," tambah Midway.

Jangan lupa bahwa serangan hiu sangat jarang. International Shark Attack File melaporkan dan mengkonfirmasi 57 serangan hiu yang tidak beralasan dan 39 serangan yang dipicu di seluruh dunia pada tahun 2020. Ada 13 kematian terkait hiu pada tahun itu, tetapi mereka biasanya hanya melihat empat kematian tak beralasan per tahun secara global setiap tahun. Mereka juga menunjukkan bahwa Anda 100 kali lebih mungkin digigit manusia di New York City daripada digigit hiu di AS.

baca juga: Studi Baru: Mutasi DNA Tidak Sepenuhnya Acak

Sebaliknya, serangan manusia terhadap hiu sangat umum terjadi. Penelitian telah menunjukkan bahwa manusia bertanggung jawab atas kematian sekitar 100 juta hiu setiap tahun. Seseorang perlu mendapatkan tim PR yang lebih baik untuk hiu .

Editor: Eko Fajri