Minum Segelas Susu Setiap Hari, Ini Manfaat yang Akan Anda Rasakan

Susu
Susu (net)

KLIKPOSITIF - Minum susu tidak hanya bagus bagi anak-anak yang sedang dalam masa petumbuhan, Orang dewasa juga memerlukan kandungan gizi dan vitamin yang terdapat dalam susu.

Susu juga kaya vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, dan vitamin D yang diperlukan untuk kesehatan mata, kulit, sistem imun, serta tulang dan gigi. Tidak hanya itu, susu juga mengandung enzim-enzim yang berguna dalam metabolisme glukosa dan lemak. Selain diminum langsung, susu dapat dikonsumsi dengan tambahan gula atau dalam bentuk produk olahan susu seperti keju dan yogurt.

Namun, kandungan gizi dan kalori bahkan manfaatnya bisa berbeda dengan yang disajikan dalam bentuk susu murni. Meminum segelas susu sebelum tidur bisa memberikan sejumlah manfaat pada tubuh. Berikut manfaat yang bisa anda rasakan jika minum susu sebelum tidur:

Tidak hanya mengenyangkan, kebiasaan minum susu sebelum tidur juga memberikan manfaat di bawah ini.

Tidur lebih nyenyak

Minum susu sebelum tidur bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak. Manfaat ini berasal dari dua zat dalam susu yang dikenal sebagai melatonin dan triptofan. Hormon melatonin biasanya dilepaskan oleh otak dan berfungsi mengatur siklus tidur. Sementara itu, triptofan yakni asam amino yang berperan dalam pelepasan zat kimia otak yang disebut serotonin. Serotonin mengatur mood, meningkatkan relaksasi tubuh, dan turut memengaruhi produksi hormon melatonin dalam siklus tidur.

Tubuh tetap berenergi

Minum susu sebelum tidur bisa membuat tubuh Anda berenergi hingga keesokan harinya. Ini karena kandungan gizi susu sapi yang tubuh Anda serap pada malam hari akan disimpan untuk digunakan saat pagi hari ketika Anda terbangun. Efek penyimpanan energi ini membuat Anda lebih bertenaga dengan kondisi fisik dan mental yang lebih baik. Jadi, Anda akan segera siap beraktivitas begitu bangun pagi.

Kesehatan tulang dan otot

Waktu tidur pada malam hari merupakan saat yang baik bagi tubuh untuk memproses zat gizi dari makanan. Selama proses ini berlangsung, tubuh Anda turut memperbaiki berbagai jaringan, termasuk tulang dan otot.Susu merupakan sumber yang baik dari protein, vitamin D, dan kalsium. Ketiga zat gizi ini sangat diperlukan untuk memperbarui jaringan tulang dan otot yang mengalami kerusakan setelah beraktivitas.

Kebiasaan makan tengah malam

Rasa lapar bisa membuat Anda terbangun dari tidur malam. Hal ini wajar karena tubuh tidak mendapatkan asupan energi selama tidur. Minum susu sebelum tidur bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi rasa lapar pada tengah malam. Susu mengandung zat gizi karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Kandungan lemaknya dapat menjadi cadangan energi, sedangkan protein memberikan rasa kenyang yang bertahan sepanjang malam.

Berat badan

Minum susu pada malam hari memiliki dampak layaknya dua sisi koin terhadap berat badan. Kebiasaan ini dapat menjadi cara sehat menambah berat badan. Namun, Anda mungkin perlu menimbang ulang jika sedang berusaha menurunkan berat badan.Ini karena susu mengandung gula berupa laktosa dan membantu meningkatkan asupan kalori harian Anda. Meskipun padat kalori, minum susu tidak akan menyebabkan berat badan melonjak asalkan Anda tidak menggunakan gula tambahan.

Baca Juga

Editor: Ramadhani