Meski Cuma 1 Batang Sehari, Merokok Punya Resiko Sebesar Ini

"Ia menegaskan, temuan ini menunjukkan bahwa merokok bahkan sejumlah kecil rokok per hari memiliki efek kesehatan yang cukup besar"
Ilustrasi ajakan berhenti merokok. (Planet of the Vapes)

KLIKPOSITIF - Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa menghisap 1 batang merokok dalam sehari bahkan masih memiliki resiko yang tinggi terhadap penyakit mematikan.

Dilansir dari Dailymail, perokok sesekali ini masih memiliki risiko mengalami kematian dini sebesar 64 persen lebih tinggi dibandingkan non-perokok. Angka itu tidak jauh berbeda dari risiko untuk perokok berat, yang 87 persen lebih mungkin untuk menderita penyakit mengancam jiwa.

"Hasil penelitian ini memperingatkan bahwa tidak ada tingkat aman dari paparan asap tembakau, "kata pemimpin penelitian Maki Inoue-Choi dari National Institutes of Health.

Ia menegaskan, temuan ini menunjukkan bahwa merokok bahkan sejumlah kecil rokok per hari memiliki efek kesehatan yang cukup besar dan memberikan bukti lebih lanjut bahwa berhenti merokok memang menguntungkan. Para peneliti melihat risiko kematian akibat penyakit pernapasan, seperti emfisema, serta risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Orang yang merokok antara satu hingga 10 batang rokok sehari memiliki resiko kematian lebih dari enam kali akibat penyakit pernapasan daripada non-perokok. Mereka juga beresiko satu setengah kali lebih besar dari non perokok untuk kasus penyakit kardiovaskular.

Merokok memiliki banyak efek yang merugikan pada kesehatan, yang telah dirinci dalam berbagai studi sejak laporan US Surgeon General 1964 yang menghubungkan merokok dengan kanker paru-paru.