Kenapa Perempuan Hamil Disarankan Pakai Pakaian Longgar?

"Ini dapat menciptakan lingkungan yang sempurna untuk memungkinkan jamur tumbuh berlebihan dan menyebabkan infeksi."
ilustrasi (The Candida Diet)

KLIKPOSITIF - Kehamilan dapat menyebabkan tubuh wanita berubah bentuk dan beratnya bertambah. Tapi tak sedikit perempuan masih mengenakan pakaian yang biasa ia kenakan, termasuk pakaian ketat.

Marjorie Greenfield, MD, dari DrSpock.com mengatakan bahwa mengenakan pakaian ketat selama kehamilan dapat mengakibatkan berbagai ketidaknyamanan:

Makin Mual
Pusat Wanita dan Bayi California Pacific Medical Center menunjukkan bahwa memakai pakaian ketat, terutama di bagian pinggang, dapat menyebabkan mual. Mual memang hal biasa pada wanita hamil. Ini terjadi karena perlambatan pencernaan akibat peningkatan progesteron dalam tubuh selama kehamilan. Tapi ketika anda mengenakan pakaian ketat, resiko ini makin meningkat. Tekanan dari pakaian ketat dapat mendorong perut dan memaksa isinya ke atas, sehingga mengakibatkan mual.

Infeksi jamur
The American Pregnancy Association menunjukkan efek lain dari mengenakan ketat yakni meningkatkan resiko infeksi jamur vagina. Wanita hamil diketahui mengalami peningkatan sekresi vagina selama kehamilan. Hal Ini, dikombinasikan dengan celana ketat, dapat menciptakan lingkungan yang sempurna untuk memungkinkan jamur tumbuh berlebihan dan menyebabkan infeksi.

Rasa sakit
Mengenakan pakaian ketat dapat menyebabkan rasa sakit di sejumlah area tubuh selama kehamilan. Termasuk perut, dada dan lengan. Bra yang ketat juga dapat menyebabkan nyeri pada payudara. Saat mendekati persalinan, payudara bahkan mungkin lebih rentan terhadap rasa sakit atau komplikasi akibat bra yang ketat. Hal ini disebabkan payudara siap memproduksi air susu ketika bayi lahir. Menempatkan tekanan di satu daerah payudara terlalu lama dapat menyebabkan saluran susu menjadi tersumbat bahkan sebelum seorang wanita menyusui.

Menghambat Sirkulasi
Mengenakan pakaian ketat, apakah saat hamil atau tidak, ... Baca halaman selanjutnya