Anda Suka Kucing? Ketahui Dulu Karakter 6 Jenis Kucing Ini

"Persia, anggora dan himalaya ini mudah beradaptasi dan cocok diajak bermain."
Kucing kampung. (Net)

KLIKPOSITIF - Kucing termasuk hewan yang paling banyak dijadikan sebagai peliharaan. Selain lucu, kucing juga punya karakter unik yang bisa menjadi hiburan bagi majikannya.

Bicara soal kucing, setidaknya ada 6 jenis kucing yang umum dijadikan sebagai hewan peliharaan. Pertama kucing kampung (domestic short hair/DSH) yang karakternya cenderung lebih lincah dan gesit dibanding kucing jenis lain. Lalu ada kucing persia yang memiliki bulu panjang, wajah bulat, moncong pendek dan hidung pesek.

"Kucing ini karakternya lebih manja dan agak pemalas kalau sudah tua," kata Dokter Hewan Rahmiwati kepada KLIKPOSITIF.

Selanjutnya, ada kucing anggora yang merupakan salah salah kucing terkenal dunia. Kucing ini hampir memiliki kesamaan dengan persia hanya saja hidungnya tidak pesek seperti persia. Selain itu kucing ini juga lebih lincah dari persia. Jenis kucing lainnya, drh. Rahmiwati melanjutkan, adalah himalaya yang mirip persia tapi punya ciri spesifik dengan warna bulu lebih gelap di bagian telinga dan ekor.

"Persia, anggora dan himalaya ini mudah beradaptasi dan cocok diajak bermain," katanya.

Kemudian, jenis siam yang mirip dengan himalaya tapi bulunya lebih pendek. Terakhir ada kucing maine coon yang termasuk kucing raksasa. Maine Coon jantan beratnya bisa mencapai 6-9 kg dengan tinggi 1 meter dan Maine Coon betina 4-6 kg. Nah, jika ingin memelihara kucing ini anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu asupan makanannya karena tentu saja porsi makanan Maine Coon jauh lebih besar dari kucing jenis lain.

"Maine coon ini lebih aktif. Coraknya juga unik, loreng-loreng gitu mirip macan akar," tuturnya.

Dari jenis ini, kata dia, yang paling banyak dipelihara adalah kucing kampung dan persia. Kucing kampung jadi favorit karena dari segi memeliharan dan mendapatkannya lebih gampang. Sementara kucing persia karena lucu dan lebih penurut ketimbang kucing ... Baca halaman selanjutnya