Dian Sastro Saja Punya Pohon Asuh, Masa Anda Belum?

"Dian mengadopsi dua pohon yang terdapat di Sirukam Kabupaten Solok, Sumatera Barat."
Pemasangan data pemilik pohon asuh. (Warsi)

KLIKPOSITIF - Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi telah mengindentifikasi total sebanyak 1008 pohon asuh yang tersebar di empat hutan nagari di Sumbar dan satu hutan adat di Jambi. Dari 1.008 itu, 591 diantaranya sudah punya pengasuh.

Koordinator Divisi Komunikasi KKI Warsi Sukma Reni mengatakan, para pengasuh itu ada yang berasal dari Sumbar, Jambi, luar Sumbar bahkan dari luar negeri. Salah satu pengasuh adalah Dian Sastro Wardoyo.

Dian mendaftar menjadi pengasuh pada momen peringatan hari lingkungan hidup sedunia 5 Juni lalu di Jakarta. Kala itu, digelar lari santai yang diikuti sekitar 600 peserta. Setiap 5 km yang dicapai pelari, mereka bisa mengadopsi 1 pohon selama setahun. Dian mampu berlari sejauh 10 km dan ia mengadopsi dua pohon yang terdapat di Sirukam Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Selain Dian, juga ada pengasuh berkebangsaan Jerman yang mengasuh pohon di Jambi sebagai hadiah perkawinan untuk istrinya. Data pengasuh pohon serta daftar pohon yang bisa diasuh bisa anda lihat di web pohonasuh.org. Setiap sekali 3 bulan, ada proses update.

"Pengembangan di Sumbar dan Jambi akan terus dilakukan. Ke depan akan ada identifikasi pohon di Koto Baru (Solsel) dan Pulakek Koto Baru (Solsel)," ujarnya.

Dalam sehari proses identifikasi pohon, pihaknya bisa menemukan 60 hingga 70 pohon yang bisa diasuh. Syaratnya adalah memiliki diameter 60 cm ke atas, dari berbagai jenis pohon. Anda yang ingin menjadi pengasuh bisa mendaftar di pohonasuh.org lalu mengirimkan donasi sebesar Rp200.000 lewat rekening BNI 474721885 a/n Pohon Asuh KKI Warsi.

Rencananya, Warsi juga akan launching resmi program pohon asuh ini pada 25 Oktober di Padang.

BACA: Lewat Pohon Asuh, Selain Jaga Bumi Anda Juga Sejahterakan ... Baca halaman selanjutnya