Lewat Pohon Asuh, Selain Jaga Bumi Anda Juga Sejahterakan Masyarakat

"Jadi pohon tidak dilihat (oleh mereka) untuk ditebang."
Pemasangan Plat Nama Pengasuh Pohon di Hutan Lindung Nagari Sirukam. (Facebook/Ibond Hagi Yusmardi )

KLIKPOSITIF - Pohon asuh adalah sebuah program yang dikembangkan oleh Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi semenjak 2013. Program ini pertama kali dikembangkan di Hutan Adat seluas 120 Hektar di Desa Rantau Kermas, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Koordinator Warsi Sumbar Riche Rahma Dewita mengatakan, hingga kini Pohon Asuh sudah dikembangkan di 4 hutan nagari di Sumbar yakni di Simancuang Kabupaten Solok Selatan, Sungai Buluah Kabupaten Padang Pariaman serta di Sirukam dan Simanau di Kabupaten Solok.

Pada program ini, Warsi pertama-tama mengindentifikasi pohon yang punya diameter minimal 60 cm
menggunakan GPS. Setelah ditemukan, data pohon ini akan diunggah ke internet untuk dipromosikan. Nanti setelah ada yang mendaftar untuk menjadi pengasuh maka fasilitator Warsi akan kembali ke hutan untuk menempel data pengasuh di pohon bersangkutan.

Data ini berupa nama pengasuh, tanggal mulai pengasuhan, dan nama pohon yang kemudian difoto dan dikirim ke orang yang mengasuh. Untuk mengasuh pohon ini, masing-masing pengasuh berdonasi sebesar Rp200.000 untuk pengasuhan selama setahun. Ini bisa diperpanjang. Dalam waktu satu tahun akan ada email otomatis yang menanyakan apakah anda mau melanjutkan pengasuhan pohon atau tidak.

Donasi ini nanti diberikan kepada masyarakat melalui kelompok pengelola hutan nagari. Pohon yang sudah diasuh sudah disepakati bersama masyarakat tidak akan hilang atau ditebang dalam waktu satu tahun. Donasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pembangunan infrastruktur dan juga untuk beasiswa.

"Ini cara kami untuk kemudian mendiskusikan dengan masyarakat bahwa selain bermanfaat bagi lingkungan, ada manfaat lain yang didapatkan dengan menjaga pohon. Jadi pohon tidak dilihat (oleh mereka) untuk ditebang. Bukan cuma dengan menebang pohon yang bisa menghasilkan uang, tapi dengan menjaga pun bisa mendatangkan banyak ... Baca halaman selanjutnya