Sering Melewatkan Sahur, Ini Kiat Tetap Kuat Berpuasa

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Tertidur sering menjadi alasan orang yang berpuasa melewatkan makan saat sahur. Melewatkan makan sahur ini bagi banyak orang bisa mengakibatkan rasa lelah dan lemas selama menjalani puasa .

Namun melewatkan sahur bukan berarti seseorang tidak bisa berpuasa. Menurut para ahli, masih ada banyak cara untuk menjaga semangat Anda seharian ketika Anda lupa makan sahur.Dilansir dari Hello Sehat berikut kiat tetap kuat berpuasa meski melewatkan makan sahur.

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Sinar matahari atau tempat terang

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa cahaya terang, terutama sinar matahari, berperan sebagai sinyal alami bagi tubuh agar tetap terjaga. Ini karena tubuh Anda bekerja mengikuti jam biologis (ritme sirkadian) yang diatur salah satunya oleh cahaya. Supaya Anda tetap merasa bertenaga sepanjang hari, buka tirai di rumah. Kalau sedang berada di kampus atau kantor, duduklah di dekat jendela di mana sinar matahari masuk. Bila cuacanya mendung, nyalakan lampu yang cukup terang.

baca juga: Demi Kesehatan, Batasi Konsumsi Sirop dan Minuman Manis Khas Lebaran

Mandi air dingin

Sebuah penelitian di Inggris dalam jurnal Behavioral and Brain Function melaporkan bahwa mandi air dingin selama tiga menit saja mampu melawan rasa lemas dan lesu. Tenang, Anda tak perlu mandi pakai air es, kok. Air dengan suhu kira-kira 20 derajat Celsius saja sudah cukup untuk membuat badan dan pikiran jadi lebih segar. Bila Anda mulai merasa lesu di siang atau sore hari, cucilah wajah Anda dengan air dingin.

baca juga: Opor Ayam di Hari Raya, Waspada Kolesterol Naik

Selingi pekerjaan dengan aktivitas fisik

Semangat Anda akan cepat hilang kalau Anda melakukan pekerjaan yang itu-itu saja selama berjam-jam tanpa selingan. Jadi setelah bekerja di depan layar komputer selama satu setengah jam misalnya, selingi dengan aktivitas fisik ringan seperti jalan-jalan di sekitar meja atau gedung kantor Anda.

baca juga: Banyak Makanan Manis Selama Lebaran, Ini Kiat Tetap Sehat

Penelitian dari University of Georgia menunjukkan bahwa olahraga ringan bisa membuat Anda merasa lebih bertenaga karena aliran darah jadi lebih lancar. Selain itu, olahraga ringan juga mampu mengusir rasa lapar karena Anda lupa makan sahur.

Tidur siang

Bila Anda beraktivitas cukup berat meski saat subuh lupa makan sahur, Anda bisa mengembalikan energi dan tingkat konsentrasi dengan tidur siang sebentar saja. Para ahli mengingatkan untuk tidak tidur siang lebih dari 25 menit.

Peregangan

Duduk di balik layar komputer atau di ruang kelas sepanjang hari bakal membuat Anda makin malas gerak dan tak bertenaga. Maka itu, peregangan ringan di tempat duduk Anda bisa jadi penyelamatnya. Cukup lakukan peregangan seperti memutar badan bagian atas ke kanan dan kiri, memutar-mutar pergelangan kaki, dan meluruskan tangan.

Makanan sehat untuk buka puasa

Ketika saatnya berbuka, pilih menu makanan yang sehat dan mudah dicerna. Pasalnya, Anda belum makan apa-apa sejak kemarin. Berbukalah dengan buah-buahan segar yang kaya akan fruktosa. Di dalam tubuh, fruktosa akan diolah jadi gula kemudian energi. Ini bisa menggantikan energi dan stamina yang hilang seharian. Hindari makanan yang kurang sehat dan sulit dicerna oleh tubuh misalnya gorengan atau makanan pedas.

Editor: Ramadhani