Mau Lebaran, Yuk Bukin Sendiri Ketupat Tahan Lama Tanpa Pengawet

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOPSITIF - Tidak lebaran rasanya jika tidak makan ketupat . Yap, ketupat adalah kudapan khas yang biasa ada di hari lebaran Idul Fitri ataupun Idul Adha.

Tapi biasanya nih, saat bikin ketupat kita nunggu mendekati hari lebaran karena takut basi. Biasanya sih suka ditambah bahan pengawet, tapi ada loh cara memasak ketupat tahan lama tanpa bahan pengawet.

baca juga: Ini Pesan Sri Mulyani untuk Pegawai Kemenkeu di Lebaran Idul Fitri

Chef Bahran, Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort mengatakan kuncinya adalah kebersihan daun dan beras itu sendiri.

" Ketupat di hari raya lebaran sudah menjadi kebiasaan. Ini tip cara memesak ketupat supaya awet tanpa bahan pengawet. Pertama, daun ketupat di cuci yang bersih, beras yang akan digunakan harus di cuci dengan bersih," ujar Chef Bahran dalam diskusi online Rabu (20/5/2020).

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Selanjutnya memanfaatkan garam di mana zat satu ini memang terkenal sebagai bahan pengawet alami.

"Kemudian rendam beras selama 1 jam dengan memberi garam secukupnya, setelah direndam tiriskan," paparnya.

baca juga: Hingga Lebaran H-1, Mobil Tinggalkan Jakarta Tembus 400 Ribu Unit

Kemudian, beras ini bisa dimasukkan ke dalam cangkang ketupat yang sudah dibentuk. Ingat isinya jangan terlalu penuh. Selanjutnya ketupat berisi beras itu di rebus.

"Jangan lupa memasukan daun pandan sereh salam kedalam air rebusan. Ketupat dan garam secukupnya pasti akan mendapatkan ketupat enak wangi dan tidak mudah basi," tutupnya.

baca juga: Gayus Tambunan hingga Abu Bakar Baasyir Dapat Remisi

Editor: Eko Fajri