Lagu Aisyah Istri Rasulullah Trending di YouTube, Buya Yahya Usul Lirik Diubah Karena Hal Ini

Pendiri Pesantren Al-Bahjah,Yahya Zainul Ma'arif atau dikenal Buya Yahya
Pendiri Pesantren Al-Bahjah,Yahya Zainul Ma'arif atau dikenal Buya Yahya (Youtube)

KLIKPOSITIF - Pendiri Pesantren Al-Bahjah, Yahya Zainul Ma'arif atau dikenal Buya Yahya angkat bicara mengenai lagu Aisyah Istri Rasulullah yang menjadi trending di YouTube.

Lagu tersebut memang jadi kontroversi lantaran liriknya dinilai kurang pantas untuk menggambarkan Aisyah RA. Buya Yahya kemudian usul agar lirik lagu itu diubah.

baca juga: Ahli Virologi dari China Klaim Kelelawar Jenis Ini Sebagai Inang Virus Corona

"Ulama memberi rambu-rambu di sini. Sayyidah Aisyah, Sayyidah Khadijah dan lainnya adalah Ummahatul Mukminin. Kami yakin ada rindu safaat Rasulullah, kami yakin Anda semua adalah orang yang ingin mulia bersama Rasulullah, dan termasuk yang membuat syair InsyaAllah tidak terlintas di hatinya untuk merendahkan istri Rasulullah," kata Buya Yahya mengawali di channel Youtube Al-Bahjah TV yang diunggah baru-baru ini.

"Cuma kalau ternyata ada syair yang perlu dibenahi ayo kita benahi bersama mungkin ada pakar ahli dalam membuat syair diubah syairnya," katanya lagi.

baca juga: Ini Pesan Sri Mulyani untuk Pegawai Kemenkeu di Lebaran Idul Fitri

Ulama berusia 46 tahun itu mengatakan tak boleh menceritakan fisik seorang perempuan, termasuk istri Rasulullah, kepada orang lain. Hal ini juga ada dalam lirik lagu tersebut.

"Menyebut tentang fisik yang sangat pribadi kepada orang lain dan orang itu bisa saja laki-laki membayangkan ibunda mu (Aisyah RA). Tidak bisa, nggak punya adab ini. Makanya para ulama mengatakan kalau membicarakan mensifati jasadnya istri-istri Nabi jangan, tidak boleh dilakukan. Itu ibunda kita Ummahatul Mukminin," ujarnya menjelaskan.

baca juga: Ketum PP Muhammadiyah: Jangan Lengah Atas Nama Berdamai

Buya bahkan tidak berani membaca syair lagu tersebut dan meminta diubah dengan sifat-sifat istimewa lainnya selain berhubungan dengan fisik.

"Misalnya kelebihannya cerdas, orang yang paling banyak meriwayatkan banyak hadis. Cerdas, pandai, tangkap, penuh kasih, tegas tapi sejuk wajahnya," kata Buya.

baca juga: Hingga Lebaran H-1, Mobil Tinggalkan Jakarta Tembus 400 Ribu Unit

Aisyah Istri Rasululah merupakan gubahan lagu asal band Malaysia, Projector Band. Aslinya, lagu itu berjudul Aisyah Satu Dua Tiga Cinta Kamu.

Namun lirik yang dibawakan Projector Band sudah diubah oleh YouTuber asal Malaysia, Vitamimbie. Beberapa penyanyi Indonesia ikut mengcover lagu tersebut.

Mereka antara lain Sabyan, Via Vallen, Syakir Daulay dan Andre Taulany. Bahkan cover lagu mereka menempati urutan pertama trending YouTube Indonesia.

Editor: Eko Fajri