Jarang Disadari, Kebiasaan Ini Kurangi Kesehatan Kulit

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Jerawat terkadang tetap datang, meski kita telah melakukan perawatan kulit yang benar. Ternyata jerawat, bisa saja tumbuh dan bukan sebagai dampak efek samping dari produk skincare yang digunakan.

Penyebabnya bisa jadi karena kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit wajah yang dilakukan tanpa disadari. Berikut ini kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit:

Kurang tidur

Walaupun sibuk, cobalah untuk mengusahakan tidur setidaknya 7-8 sehari. Harus kamu ketahui, segala perawatan wajah dengan beragam produk skincare saja tidak cukup, tetap harus disertai dengan istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, kamu bisa melihat perubahannya pada kulitmu. Pasti terlihat lebih segar dan bebas dari masalah kulit, termasuk mata panda.

Membiarkan bilasan sampo

Ketika keramas, sebaiknya pastikan kamu tidak membiarkan sampo terlalu lama berada di kulit kepala dan rambut. Kebiasaan ini bisa merusak rambut. Selain itu, jangan sampai ada busa sampo yang mengenai mukamu karena bisa menjadi penyebab jerawat.

Jarang mengganti seprai tempat tidur

Baca Juga

Seprai tempat tidur diganti paling tidak dua minggu sekali. Apalagi kalau kamu sering berkeringat, paling baik untuk mengganti seprai tempat tidur seminggu sekali. Seprai yang jarang diganti menjadi sarang debu dan kotoran yang apabila terkena wajahmu, bisa memicu munculnya jerawat.

Jarang mengganti handuk wajah

Sama seperti seprai, handuk yang kamu gunakan untuk mengeringkan muka juga perlu diperhatikan kebersihannya. Hindari menggunakan handuk yang lembap karena bisa jadi sarang bakteri. Selain itu, pastikan selalu mengganti handuk wajah setelah digunakan maksimal seminggu sekali.

Baca Juga

Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Wawancara Khusus Langsung dari Ruang Perawatan Pasien COVID 19 di RSAM Bukittinggi

YouTube channel KlikPositif.com