Isi Liburan dengan Berenang, Ini Manfaatnya bagi Tubuh

KLIKPOSITIF - Berenang menjadi aktivitas yang bagus untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung . Olahraga ini bisa memperkuat jantung dan meningkatkan fungsinya untuk memompa darah.

Dilansir dari thehealthsite, tiga puluh menit berenang setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner pada wanita hingga 30-40 persen dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, berenang juga bisa membuat sel-sel yang melapisi arteri lebih fleksibel dan dalam kondisi baik.

Berikut ini sejumlah manfaat berenang bagi kesehatan jantung :

Baca Juga

Menurunkan tekanan darah

Berenang merupakan latihan aerobik. Hal ini bisa memperkuat jantung dan memungkinkan lebih banyak aliran darah. Anda bisa berenang selama 30 menit per hari untuk mendapatkan manfaat dari berenang , terutama untuk menurunkan tekanan darah. Berolahraga selama 2,5 jam per minggu sudah cukup untuk menjaga kesehatan jantung , menurut studi.

Meningkatkan pernapasan

Perenang dapat bernapas lebih cepat dan lebih lama dalam satu tarikan napas daripada kebanyakan orang. Berenang bisa membantu kelompok otot besar dan meningkatkan detak jantung , membuat paru-paru Anda bekerja lebih efisien. Semakin banyak Anda benerang, detak jantung akan meningkat.

Meningkatkan sirkulasi darah

Berenang bermanfaat meningkatkan denyut jantung dan demikian meningkatkan pasokan darah dalam tubuh. Sirkulasi yang meningkat bisa membantu mengurangi rasa mati rasa dan kesemutan.

Meningkatkan metabolisme

Berenang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Berenang selama 30 menit per hari setara dengan 45 menit latihan.

Meningkatkan detak jantung

Jantung yang memompa lebih banyak darah setiap denyutnya, bisa memasok darah dengan lebih efisien. Jadi, jika detak jantung memiliki waktu istirahat yang lebih rendah berarti Anda kurang berisiko mengalami penyakit jantung . Perenang memiliki waktu istirahat detak jantung rendah, yaitu 40 detak jantung per menit. Untuk rata-rata orang, detak jantung istirahat adalah 60-70 detak per menit.

Baca Juga

Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Wawancara Khusus Langsung dari Ruang Perawatan Pasien COVID 19 di RSAM Bukittinggi

YouTube channel KlikPositif.com