Antisipasi ISPA, Ini Imbauan Dinkes Pessel

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Pessel Vera Kornita
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Pessel Vera Kornita (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat mengimbau masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menjaga kesehatan selama musim panas belangsung di daerah itu.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Vera Kornita mengatakan, semejak Januari 2020 sudah dilaporkan sebanyak 42 warga terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Hal itu diduga akibat adanya peningkatan suhu yang terjadi.

Sebab, akibat cuaca panas yang terjadi, suhu udara di Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 36-38 disiang hari.

Baca Juga

"Hal itu harus menjadi perhatian kita, seperti memperbanyak minum air putih dan sedikit mengurangi aktivitas di luar rumah," terangnya saat diwawancarai wartawan, Jumat 28 Februari 2020.

Berdasarkan data, sebanyak 42 warga terjakit ISPA sampai ini tersebar di 15 Kecamatan. Tidak hanya balita dan anak-anak, tapi juga ada orang dewasa.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa, pasien yang terparah hanya di rawat ke Puskesmas, sementara yang lainnya, mendapatkan perawatan jalan," terangnya.

Menyikapi hal itu, pihaknya mengimbau warga untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, jika medapati gejala-gejala penurunan kesehatan segera lakukan pemeriksaan ke Puskesmas.

"Karena, kondisi cuaca kita saat ini masih tinggi dan ditambah dengan angin kencang yang mempercepat datangnya penyakit ISPA," pungkasnya

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi

Video Terbaru

Wawancara Khusus Langsung dari Ruang Perawatan Pasien COVID 19 di RSAM Bukittinggi

YouTube channel KlikPositif.com