8 Kali Hasil Tes Negatif, Seorang Wanita Didiagnosis Positif Corona Covid-19

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Seorang wanita 56 tahun akhirnya didiagnosis positif terinfeksi virus corona Covid-19 setelah 8 kali hasil tes medis sebelumnya menyatakan negatif.

Menurut Sichuan Online dilansir oleh World of Buzz, wanita bermarga Tang itu telah kembali ke kota asalnya di Anyue pada 23 Januari 2020 untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Kemudian, Tang menemukan bahwa salah satu rekannya di hotel telah terinfeksi virus corona. Akibatnya, Tang harus dikarantina pada 2 Febuari 2020 untuk melihat kondisinya terinfeksi virus corona atau tidak.

Baca Juga

Selama masa karantina sejak tanggal 7 hingga 23 Febuari 2020, Tang pun sudah melakukan 8 kali tes medis untuk memastikan ia terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak. Tang melakukan metode tes medis yang melalui tenggorokan.

Pekerja medis lantas melakukan tes deteksi asam nukleat menggunakan teknik Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk menentukan Tang terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Tetapi, hasil 8 kali tes medis selalu menyatakan dirinya negatif terinfeksi virus corona Covid-19. Sampai akhirnya, Tang dipindahkan ke rumah sakit di kota Ziyang pada 21 Febuari 2020.

Tiga hari kemudian, Tang kembali menjalani uji klinis dan laboratorium lebih lanjut untuk mengonfirmasi ia terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak.

Hasil tes medis ini menunjukkan bahwa masa inkubasi virus corona Covid-19 bisa lebih dari 2 minggu, karena Tang telah dikarantina selama hampir 3 minggu dan 8 kali tes selalu dinyatakan negatif.

Sementara, masa inkubasi virus corona Covid-19 berlangsung sekitar 14 hari. Dalam kasus yang jarang terjadi, periode inkubasi bisa berlangsung 24 hari.

Artinya, tes medis awal mungkin belum bisa mendeteksi virus corona Covid-19 seseorang. Karena itu, banyak orang yang sudah terinfeksi virus corona Covid-19 tidak ditemukan dan tidak tertolong. (*)

Sumber: Suara.com

Baca Juga

Editor: Eko Fajri

Video Terbaru

Wawancara Khusus Langsung dari Ruang Perawatan Pasien COVID 19 di RSAM Bukittinggi

YouTube channel KlikPositif.com