Lama Bekerja di Depan Komputer, Ini Kiat Menjaga Kesehatan Mata

ilustrasi: pekerja di depan komputer
ilustrasi: pekerja di depan komputer (net)

KLIKPOSITIF - Bagi para pekerja kantoran penggunaan komputer terus menerus menyebabkan mata tegang untuk waktu yang lama dan tidak rileks. Sebagai dampaknya seseorang yang terpapar lama cahaya dari komputer bisa menderita sakit kepala, mata kering, sakit leher, iritasi dan penglihatan kabur.

Dilansir dari Boldsky berikut cara menjaga kesehatan mata:

Cuci Mata

Baca Juga

Anda tidak bisa menghindari bekerja lama di depan komputer. Jadi, coba gunakan tips sederhana untuk merawat mata ini. Cuci mata setiap dua jam. Ini akan membuat mata Anda bersih dan menurunkan stres serta menyegarkan mata .

Terapkan aturan 20-20-20

Anda harus mengikuti aturan ini. Setelah setiap 20 menit bekerja di depan komputer, Anda harus melepas mata Anda dari layar komputer Anda dan melihat benda-benda yang jaraknya 20 kaki. Hitung selama 20 detik dan kemudian kembali bekerja.

Jaga Jarak dengan Layar

Jika anda selama ini sering berada hampir dekat dengan layar komputer, maka mulailah untuk menghentikannya. Jarak mata anda dari layar komputer harus sekitar 30-40 cm.

Gunakan mentimun

Untuk merawat mata , Anda dapat menggunakan irisan mentimun dan tempatkan di mata . Ini akan menenangkan mata dan mengurangi stres.

Gunakan Kacamata Khusus

Anda pasti sudah mendengar tentang kacamata anti-silau. Anda bisa berkonsultasi dengan spesialis mata dan mendapatkan kacamata ini. Kacamata ini akan melindungi mata Anda dari sinar biru yang berbahaya.

Pencahayaan yang benar

Anda harus menghindari bekerja pada kondisi gelap dan pastikan bekerja di bawah cahaya terang. Buka jendela dan tempatkan komputer dengan cara yang tepat sehingga cahaya tidak dipantulkan dari layar komputer dan mengaburkan penglihatan Anda.

Baca Juga

Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Wawancara Khusus Langsung dari Ruang Perawatan Pasien COVID 19 di RSAM Bukittinggi

YouTube channel KlikPositif.com