Kekurangan Vitamin D Saat Hamil Perbesar Resiko Bayi dengan ADHD

ilustrasi
ilustrasi (net)
KLIKPOSITIF

- Sebuah penelitian mengungkap jika ibu hamil yang kekurangan vitamin D berisiko melahirkan buah hati yang memiliki kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Hasil riset ini diterbitkan dalam Journal of American Academy of Child dan Adolescent Psychiatry.

Dilansir dari Healthline resiko ADHD pada anak yang ibunya mengalami kekurangan vitamin D adalah 34 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan anak yang ibunya memiliki cukup vitamin D selama trimester pertama dan kedua.

Para peneliti dari Universitas Turku di Finlandia, melihat data dari 1.067 anak yang lahir antara tahun 1998 dan 1999 yang didiagnosis dengan ADHD di Finlandia. Data dikumpulkan sebelum pemerintah Finlandia merekomendasikan asupan vitamin D sebanyak 10 mikrogram per hari selama kehamilan. Dalam studi tersebut, para peneliti menggunakan Finnish Maternity Cohort (FMC) yang sangat komprehensif. Itu terdiri dari sekitar dua juta spesimen serum yang dikumpulkan selama trimester pertama dan awal kehamilan kedua.

Baca Juga

Penelitian ini menawarkan bukti kuat bahwa tingkat rendah vitamin D selama kehamilan terkait dengan ADHD pada bayi yang dilahirkan, lapor The Heatlh Site. Para peneliti mengatakan penelitian ini memiliki arti penting bagi kesehatan masyarakat karena ADHD merupakan salah satu penyakit kronis yang paling umum pada anak-anak

Baca Juga

Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Wawancara Khusus Langsung dari Ruang Perawatan Pasien COVID 19 di RSAM Bukittinggi

YouTube channel KlikPositif.com