Bibir Pecah-Pecah Bisa Indikasikan Diabetes

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Kondisi bibir pecah-pecah ternyata bukan sekadar karena kering, melainkan tanda adanya sesuatu yang tidak baik dengan tubuh. Dilansir dari Times of India, spesialis penyakit dalam Dr. Sudha Menon mengatakan mengonsumsi obat tradisional racikan rumah akan mengatasi bibir pecah-pecah, selama itu bukan dikarenakan kasus yang berat. Bibir pecah-pecah disebut juga cheilitis. Bibir pecah-pecah sering ditandai dengan retak, pecah-pecah, dan terkelupas.

"Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, dilengkapi dengan pengobatan rumahan, dapat membantu jika itu bukan kasus yang ekstrem. Tetapi jika kekeringan memburuk, ini mungkin mengarah pada masalah kesehatan lainnya," ujar Dr Sudha.

Sementara itu, ahli gizi dan konsultan kesehatan umum Kavita Devgan, menyebut bibir pecah-pecah bisa disebabkan karena masalah mendasar seperti dehidrasi, sembelit, anemia, hingga diabetes. Bibir pecah-pecah juga bisa disebabkan alergi obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh, serta stres dan cemas.

Baca Juga

"Jaga bibir Anda dengan teratur melakukan diet seimbang teratur, menjaga diri Anda tetap terhidrasi. Penting juga untuk selalu memeriksa kesehatan Anda secara menyeluruh, sehingga tidak ada kekurangan di tubuh Anda," jelas Kavita.

Kavita juga mengingatkan untuk tidak mengabaikan setiap masalah kulit yang timbul, termasuk bibir pecah-pecah. Karena kalau tidak juga sembuh setelah diobati, dan bukan karena dehidrasi. Maka bisa jadi itu masalah gula darah tinggi atau diabetes.

"Jika bukan karena dehidrasi, periksa kadar gula dan hemoglobin Anda juga. Alih-alih menggunakan pilihan kosmetik, kunjungi dokter jika masalahnya berlanjut," ungkapnya.

Berikut beberapa kiat menjaga bibir supaya tidak pecah-pecah :

1. Gunakan pelembab alami yang bisa dibuat dengan campuran mentega, minyak, dan lilin madu. Ramuan ini ampuh menjaga kekenyalan bibir.

2. Rendaman kelopak mawar. Caranya, cuci bersih kelopak mawar dalam rendaman susu. Satu jam kemudian, haluskan kelopak mawar menjadi sebuah krim. Oleskan pada bibir dan biarkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibilas.

3. Madu. Caranya, cukup oleskan madu 2 hingga 3 kali sehari, biarkan meresap selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas.

Baca Juga

Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Wawancara Khusus Langsung dari Ruang Perawatan Pasien COVID 19 di RSAM Bukittinggi

YouTube channel KlikPositif.com