Orang Dewasa Juga Butuh Susu

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPSOTIF-Susu masih identik sebagai minuman anak-anak yang dikonsumsi pada pagi hari. Hal ini membuat orang dewasa enggan menikmati segelas susu di pagi hari, karena dilekatkan dengan anggapan hanya anak kecil yang minum susu.

Padahal susu adalah minuman yang membawa banyak manfaat bagi tubuh. JIka malas minum susu anda bisa memilih Beberapa produk olahan susu yang rendah lemak. Banyak manfaat susu yang tersedia pada yogurt atau keju rendah lemak. Secangkir yogurt plain tanpa lemak misalnya, memberikan sepertiga dari asupan kalsium harian yang disarankan dari 17% estimasi asupan protein harian.

Kalsium di dalam susu merupakan zat yang paling penting untuk kesehatan tulang. Kalsium tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, namun demikian juga pada orang dewasa sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya resiko osteoporosis. Kalsium juga membantu menjaga gigi tumbuh dengan sehat dan mencegahnya berlubang.

Baca Juga

Sebuah penelitian di Spanyol pada lebih dari 5.000 orang dewasa, pada mereka yang dilaporkan mengkonsumsi susu rendah lemak, 54% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan tekanan darah tinggi selama periode dua tahun.

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, dapat menurunkan berat badan lebih dari mereka yang tidak mengkonsumsi susu. Susu dapat menjadi camilan sehat dengan menambahkan potongan manfaat buah-buahan ke dalam segelas susu untuk makan malam. Segelas susu hangat akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf

Untuk wanita, susu baik dikonsumsi saat masa-masa PMS untuk meningkatkan energi. Wanita yang lebih banyak mendapatkan kalsium dan vitamin D sepanjang bulan dengan minum susu skim atau susu rendah lemak memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan PMS, menurut sebuah studi dari University of Massachusetts di Amherst.

Penelitian di universitas Harvard menemukan, wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak sekitar 25%, lebih kecil kemungkinannya untuk menderita masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit meminum susu dalam seminggu. Artinya susu bisa dimasukkan dalam menu bagi anda yang ingin memiliki bayi.

Editor: Ramadhani