Pegawai Kantoran Rentan Terkena Obesitas

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF- Bekerja dalam ruangan hampir sepanjang hari tentu memberi pengaruh pada tubuh, baik secara fisik maupun psikologis. Pekerja kantoran menghabiskan hampir separuh waktunya, minimal 8 jam dalam satu hari di depan meja kerja dan dalam ruangan.

Hal ini bisa memberi dampak negatif pada pola hidup dan juga memberi efek pada berat badan. Duduk terus dalam ruangan, apalagi ruangan yang tidak memiliki celah untuk mendapatkan paparan sinar matahari, akan membuat berat badan menambah.

Studi dalam jurnal Environmental Health Perspectives menyatakan cahaya pagi membuat tubuh berdetak normal ketika bergerak. Tidak mendapatkan sinar matahari akan menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan nafsu makan.

Baca Juga

Rata-rata ruangan dalam kantor menggunakan pendingin ruangan ata Ac. Respon tubuh terhadap suhu yang terlalu dingin adalah rasa lapar. Ini membuat nafsu makan terus tumbuh walau setelah sarapan dan makan siang. Hal ini memicu keinginan untuk selalu makan.

Makan bersama juga memicu berat badan. Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Obesity, menemukan bahwa orang-orang yang makan siang sendiri dapat menurunkan beberapa kilogram, dibanding mereka yang sering makan di luar bersama teman-teman.Mengurangi makan nasi tidak akan membantu menurunkan berat badan.

Editor: Ramadhani