Patut Diwaspadai, Ini Beberapa Indikasi Gangguan Pada Ginjal

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Gangguan pada baju ginjal bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat hebat. Biasanya rasa sakit ini terasa di bagian bawah perut.

Sebelum menjadi parah, perlu kita mengenal tanda-tanda penyakit ginjal. Dilansir dari Times of India berikut sejumlah indikasi yang bisa terkait dengan gangguan batu ginjal:

Sakit punggung dan perut

Saat tekanan pada ginjal meningkat dan batu di ginjal ikut bergerak, tapi lubang yang ada sangatlah sempit, alhasil batu ini jadi menyumbat. Tekanan ini membuat ginjal mengirimkan rasa sakit ke otak. Jadi, bukan hal aneh jika seseorang akan merasakan sakit yang hebat di bagian punggung dan di bawah tulang rusuk. Bahkan yang berbahaya, batu-batu besar itu bisa menyebabkan pembengkakan ginjal di bagian yang terdampak.

2. Nyeri saat buang air kecil

Saat anda merasakan sakit seperti terbakar saat pergi ke toilet, maka patut dicurigai Anda menderita batu ginjal. Rasa sakit saat buang air kecil terjadi ketika batu mencapai sendi antara ureter dan kandung kemih. Nyeri saat buang air kecil sering juga sering disebut Infeksi Saluran Kemih (ISK).

3. Urin berwarna merah muda atau cokelat

Adanya darah dalam urin jadi gejala lain dari batu ginjal. Maka saat Anda melihat ada bercak darah merah, merah muda, atau coklat dalam urin, segera periksakan diri ke dokter.

4. Lebih sering ke toilet

Saat batu ginjal tersangkut di ureter atau saluran kencing, maka akan menghalangi keluarnya urin. Urin yang terhalang ini membuat rasa ingin buang air kecil terus menyerang, alhasil membuat kita pergi ke toilet lebih sering.

5. Mual dan muntah

Gejala ini sudah sepatutnya sangat diwaspadai, karena rasa sakit yang hebat di perut membuat seseorang selalu merasa mual dan ingin muntah. Mual dan muntah ini juga terjadi karena saraf ginjal dan saluran cerna yang saling terhubung satu sama lain, jadi efeknya akan sekaligus.

Editor: Ramadhani