Hujan dan Panas Silih Berganti, Begini Cara Menjaga Kesehatan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Jelang akhir tahun cuaca jadi sering tidak menentu. Hujan dan panas yang silih berganti bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.

Pasalnya tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya. Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih besar. oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pergantian cuaca yang tidak menentu ini:

Konsumsi Makanan Sehat

Ketika turun hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Nah, usahakan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya vitamin C dan antioksidan untuk tetap menguatkan imun tubuh Anda ya, Positifers!

Banyak Minum Air Putih

Saat musim hujan, usahakan untuk banyak minum air putih, karena air yang Anda minum akan membuang racun serta menjaga kekebalan tubuh dari penyakit. Tapi tetap usahakan Anda minum air yang bersih dan matang, Selain itu, sebaiknya Anda sesekali minum teh herbal untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi jika Anda habis kehujanan.

Cuci Tangan dengan Sabun

Banyak yang menilai tidak menganggap penting mencuci tangan dengan sabun. Namun perlu Anda ingat, tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun untuk menjaga sterilisasi tangan Anda.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Musim hujan rawan akan penyebaran berbagai penyakit, terutama dipengaruhi oleh lingkungan dimana Anda tinggal. Nah, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan Anda, karena hujan bisa saja membawa berbabgai penyakit dari tumpukan sampah atau tempat kotor lainnya. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai macam tempat, dan jika mengendap di halaman rumah Anda, bisa membawa penyakit. Jadi, bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit.

Editor: Ramadhani