Cara Ini Bisa Turunkan Resiko Osteoporosis

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Resiko terserang osteoporosis memang lebih besar menyerang kaum perempuan. Untuk menghindarinya ternyata ada latihan kaki yang dapat memperkuat kepadatan tulang.

Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Loughborough, melompat selama lima menit dalam sehari dapat memperkuat tulang, terutama tulang pinggul. Dilansir dari Daily Mail, latihan menahan beban adalah cara terbaik untuk menjaga tulang tetap kuat.

Dalam penelitian tersebut, pakar mengikuti kegiatan 35 wanita berusia 55-70 tahun selama enam bulan dan menyuruh mereka berlatih hingga 50 lompatan dengan satu kaki setiap hari.

Hasilnya, mereka mendapat peningkatan dalam kepadatan tulang kaki hingga 3,2%, sedangkan wanita yang tidak melalukan latihan ini mengalami penurunan kekuatan tulang antara 0,5%-0,75%.

Tim peneliti juga melakukan pemindaian MRI lutut untuk memeriksa apakah latihan tersebut merusak tulang sendi, dan ternyata hasilnya tidak.

"Penelitian ini menunjukkan pada wanita yang sehat, latihan di rumah yang tidak memerlukan peralatan khusus ini dapat meningkatkan kepadatan tulang pinggul dan berpotensi mengurangi risiko patah tulang," tutur penulis studi, dr. Katherine Brooke-Wavell.

Osteoporosis dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kurang olahraga, kurang minum air, merokok, hingga penggunaan obat dalam jangka panjang atau harus mengonsumsi steroid.

Wanita bisa kehilangan hingga 20 persen dari kepadatan tulang mereka dalam tujuh tahun setelah menopause karena turunnya kadar hormon estrogen.

Penulis: Ramadhani | Editor: Eko Fajri