Gejala Ini Tunjukkan Tubuh Kelebihan Garam

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Banyak orang menyukai makanan asin. Banyak yang tidak bisa menolak jenis makanan ini, lantaran rasanya yang enak dan bikin ketagihan.

Padahal jika berdasarkan anjuran dokter, asupan garam haruslah dibatasi. Sayangnya, kita tidak tahu kapan dan kondisi yang seperti apa saat kita sudah kelebihan asupan garam.

Dilansir dari Times of India, ini beberapa indikasi yang menunjukkan jika tubuh kelebihan asupan garam.

Selalu haus

Kecanduan garam bisa membuat tubuh menderita sindrom mulut kering. Garam yang juga dikenal zat natrium yang berlebih juga bisa menghambat keseimbangan cairan tubuh, akibatnya tubuh mengalami dehidrasi. Selalu haus inilah sinyal keras bahwa tubuh kita membutuhkan nutrisi untuk menghidrasi dan mengurangi asupan garam.

Sakit kepala kronis dan rutin

Saat sakit kepala terus menerus bisa memengaruhi aktivitas keseharian. Bisa jadi, itu tandanya kita kurang memperhatikan asupan garam yang berlebih. Sering kali kebanyakan sakit kepala disebabkan oleh dehidrasi, saat tubuh tidak punya stok cairan tubuh.

Diet terasa hambar

Garam memang diakui bisa menambah sedikit rasa pada makanan. Alhasil saat tubuh sudah terbiasa dengan rasa dan jumlah garam yang biasa dikonsumsi, maka tidak bisa kembali seperti awal. Inilah yang menjadi alasan mengapa mereka yang sudah kecanduan garam biasanya akan sulit untuk diet dengan sayur-sayuran, karena rasanya akan teramat hambar.

Tubuh membengkak

Asupan garam dapat mempengaruhi mekanisme retensi air alami tubuh. Kondisi tersebut akan menyebabkan edema yang akhirnya membuat tubuh seperti bengkak-bengkak. Perhatikan tanda-tanda pembengkakan tanpa sebab. Pembengkakan di dalam dan sekitar kulit terutama di bagian wajah.

Penulis: Ramadhani | Editor: Eko Fajri