Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Picu Osteoporosis

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah masalah kesehatan yang membuat tulang kita kehilangan kekuatan dan kepadatannya sehingga rentan mengalami patah atau retak. Seringkali, hal ini terkait dengan gaya hidup yang buruk seperti pola makan yang tidak sehat. Selain itu, beberapa kebiasaan yang sering kita anggap sepele ternyata juga bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan ini, lho.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih cermat dalam melakukan aktivitas sehari-hari demi mencegah datangnya osteoporosis.

Berikut adalah berbagai aktivitas yang perlu kita waspadai tersebut.

Baca Juga

1. Sering Bermalas-Malasan
Pakar kesehatan menyebut gaya hidup kurang gerak bisa meningkatkan risiko terkena osteoporosis dengan signifikan. Hal ini diungkap oleh pakar kesehatan Jonathan Lee yang berasal dari Montefiore Health System, Bronx, New York, Amerika Serikat.

“Tulang sebenarnya adalah jaringan hidup. Semakin sering kita menggunakannya, semakin memungkinkan jaringan ini untuk beradaptasi dan memperkuat diri. Jika kita lebih suka bermalas-malasan, maka tulang juga akan mengalami penurunan kepadatan,” ucapnya.

Lee memberikan contoh berupa banyak astronot yang berada di ruang angkasa tanpa gravitasi yang mengalami penurunan massa tubuh dengan drastis setelah beberapa lama. Dampak ini dianggap sama jika kita tidak pernah melakukan olahraga atau kurang gerak.

2. Hobi Makan Steak
Steak sangatlah nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. Masalahnya adalah dibalik rasa steak yang nikmat, ada peningkatan risiko terkena gangguan kesehatan tulang jika terlalu sering mengonsumsinya.

“Semakin sering kita mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi, semakin buruk dampaknya bagi keseimbangan tubuh, termasuk tulang. Kebiasaan ini akan membuat ginjal membuang kalsium lebih banyak. Padahal, kalsium sangatlah dibutuhkan tulang untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang,” terang Jonathan Lee.

3. Sering Mengonsumsi Camilan Asin
Camilan asin menyenangkan untuk dikonsumsi saat mengobrol, menonton acara televisi, atau saat melakukan hal lainnya. Sayangnya, jika kita terlalu sering mengonsumsinya, maka risiko terkena masalah kesehatan tulang akan meningkat.

Hal ini disebabkan oleh asupan garam berlebihan yang berimbas pada ginjal yang berusaha untuk membuang sodium dalam jumlah banyak. Masalahnya adalah tak hanya sodium, kalsium juga ikut terbuang sehingga membuat tulang kehilangan kepadatan dan kekuatannya.

4. Jarang Terpapar Sinar Matahari
Karena kesibukan luar biasa, banyak orang yang berangkat kerja sebelum matahari terbit dan baru pulang kerja setelah matahari tenggelam. Mereka pun tidak mendapatkan asupan sinar matahari dengan cukup dan kekurangan vitamin D. Padahal, vitamin D sangatlah penting bagi tubuh dalam hal menyerap kalsium dan menjaga kepadatan tulang.

5. Terlalu Banyak Minum Kopi
Meskipun dikenal sebagai salah satu minuman terbaik bagi kesehatan, terlalu sering minum kopi bisa memberikan dampak buruk berupa meningkatnya risiko terkena osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya buang air kecil yang berimbas pada menurunnya kadar kalsium di dalam tubuh dengan drastis.

6. Terlalu Banyak Minum Soda
Selain kopi, soda ternyata juga sangat tidak disarankan untuk sering dikonsumsi jika ingin menjaga kesehatan tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein di dalamnya yang juga cukup tinggi. Hal ini akan merangsang buang air kecil dalam frekuensi yang lebih sering dan akhirnya membuang cukup banyak kalsium dari dalam tubuh.

“Alih-alih minum soda, sebaiknya kita lebih rajin minum susu demi memastikan kebutuhan kalsium harian terpenuhi dan mencegah osteoporosis,” ungkap Lee.

7. Minum Alkohol
Penelitian yang dilakukan di University of Oregon membuktikan bahwa kebiasaan minum alkohol bisa menurunkan kadar kalsium dan vitamin D di dalam tubuh yang bisa memicu osteoporosis. (*)

Sumber: Doktersehat

Penulis: Eko Fajri | Editor: Ramadhani