Cuaca Dingin Bikin Sering Kebelet? Ketahui Alasan Medisnya

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Saat berada di tempat dengan cuaca dingin, hasrat untuk kencing kerap muncul. Karenanya, frekuensi pergi ke toilet pun menjadi lebih sering. Para ahli percaya bahwa itu adalah kondisi yang disebut cold diuresis.

Dilansir dari Daily Star, ini adalah saat tubuh kita, organisme pintar, beradaptasi begitu kita terpapar suhu atau cuaca dingin.

Dalam cuaca dingin, tubuh kita mencoba mempertahankan suhu intinya dengan vasokonstriksi. Jadi pada dasarnya ini adalah proses yang dilalui tubuh Anda untuk mengatur dirinya sendiri ketika suhu turun.

Baca Juga

Dr. Diana Gall, dari layanan online Doctor 4 U, mengatakan kepada Metro bahwa respons biologis ini mengarahkan darah ke inti untuk menciptakan kehangatan. Sementara ginjal melepaskan cairan ekstra untuk menstabilkan tekanan.

"Dan proses inilah yang meningkatkan produksi urin, memberi Anda dorongan untuk lebih banyak kencing di musim dingin," terangnya.

Namun di sisi lain, dr. Gall menjelaskan bahwa terlalu sering ke toilet dapat menyebabkan masalah, sebab dapat merusak keseimbangan garam alami, air dan mineral tubuh Anda.

"Ini dapat menyebabkan kondisi seperti 'hiponatremia', ketika tidak ada cukup natrium dalam tubuh, atau 'hiperkalemia', terlalu banyak kalium, dan 'hipokalemia', tidak cukup kalium," ungkapnya.

Dia menambahkan jika ketiga kondisi ini dapat berakibat fatal dalam keadaan ekstrem. Dr. Gall menyarankan penderita cold diuresis untuk membungkus hangat tubuh dan menghindari berdiri di luar dalam cuaca dingin untuk waktu yang lama.

Meski demikian, ahli medis tetap menganjurkan untuk minum lebih banyak cairan saat cuaca dingin agar tetap terhidrasi dengan baik.

Editor: Eko Fajri