Minum Kopi Saat Mentruasi Berdampak Pada Tubuh

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Kopi ternyata tidak baik jika diminum oleh wanita saat menstruasi. Dilansir dari The Healthsite dr. Nupur Gupta, ginekolog dan dokter kandungan Well Woman Clinic di Gurgaon mengatakan minum kopi bisa memengaruhi kondisi wanita saat menstruasi, salah satunya dehidrasi.

Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik. Kondisi ini tidak hanya meningkatkan produksi urine tetapi juga berkontribusi terhadap kram yang menyebabkan dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, kondisi ini bisa menyebabkan sakit kepala.

Terlebih kopi juga bisa memengaruhi hormon, meningkatkan kecemasan dan kortisol serta memperburuk gejala menstruasi. Perubahan hormon yang drastis selama menstruasi bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri perut dan stres. Sehingga wanita harus menghindari minum kopi selama menstruasi.

Baca Juga

Dr. Joseph Mercola, pendiri Optimal Wellness Center di Illinois dilansir dari Live Strong, konsumsi minuman kafein juga terkait dengan peningkatan kadar estrogen. Hal ini bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker endometrium.

Mercola percaya mengurangi minum berkafein bisa bermanfaat untuk mengurangi ketidaknyamanan selama siklus menstruasi. Konsumsi minuman berkafein berkaitan dengan peningkatan frekuensi sindrom pramenstruasi (PMS). Wanita yang minum kafein dalam jumlah besar mengalami lebih banyak gejala menstruasi daripada yang tidak.

Ketidaknyaman PMS ini termasuk kram, sakit kepala, nyeri payudara, kembung, perubahan suasana hati, sakit punggung, kelelahan dan mudah marah. Kafein memang termasuk stimulan untuk meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Biasanya wanita konsumsi minuman berkafein untuk mengatasi kelelahan selama PMS alias menambah energi. Namun, cara ini justru menyebabkan ketegangan, kegelisahan, sulit tidur dan kelelahan. Selain itu, wanita yang minum kopi berkafein cenderung mengalami menstruasi yang lebih pendek.

Menurut American Journal of Epidemiology menjelaskan bahwa kafein bisa membatasi pembuluh darah, mengurangi aliran darah uterus. Akibatnya, hal ini menyebabkan penurunan perdarahan menstruasi dan siklus pendek lalu berdampak pada variabilitas dan ketidakteraturan periode wanita.

Karena wanita lebih sensitif terhadap kafein sehingga butuh detoksifikasi tubuh lebih lama daripada pria. Lebih baik Anda mengganti kopi dengan minum teh hijau yang dipercaya bisa meringankan sakit perut selama menstruasi.

Editor: Ramadhani