Ingin Jantung Sehat, Sadari Sejumlah Hal Ini

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Jantung adalah salah satu organ utama tubuh. Jika jantung tidak berfungsi dengan baik, semua organ tubuh lainnya bisa terpengaruh.

Jadi, ketika jantung tidak berfungsi dengan baik sebagai akibat dari penyakit atau luka tertentu, jantung dapat menghambat aliran darah yang sehat ke organ lain, sehingga mempengaruhi mereka juga! Dilansir dari laman Boldsky, berikut adalah beberapa tips kesehatan jantung yang diceritakan oleh ahli jantung.

1. Orang Langsing Juga Berisiko Terkena Penyakit Jantung
Ada mitos umum yang diyakini banyak orang, bahwa hanya orang yang kelebihan berat badan atau obesitas adalah risiko penyakit jantung, karena persentase lemak tubuh yang tinggi dan kolesterol tinggi. Namun, ahli jantung mengklarifikasi bahwa, bahkan orang yang kurus juga dapat berisiko terkena penyakit jantung, jika mereka memiliki gaya hidup yang tidak sehat, faktor keturunan atau penyakit jantung tertentu yang menyenangkan. Jadi, selalu penting untuk berjaga-jaga.

Baca Juga

2. Gula Adalah Musuh Nomor Satu
Sekali lagi, banyak dari kita orang awam cenderung berpikir bahwa, lemak adalah penyebab nomor satu terjadinya penyakit jantung, karena kelebihan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi, yang pada gilirannya menyebabkan penyakit jantung. Namun, para ahli mengatakan bahwa, gula sebenarnya adalah penyebab utama penyakit jantung. Kelebihan gula dalam tubuh dapat mengacaukan kadar hormon insulin dan juga meningkatkan kolesterol, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Multivitamin Tidak Dapat Menyelamatkan Hati Anda
Orang disarankan mengkonsumsi suplemen multivitamin dalam bentuk pil atau sirup untuk memungkinkan bergizi dan sehat. Sebagian orang percaya bahwa multivitamin dapat mencegah penyakit tertentu, termasuk penyakit jantung. Namun, ini hanya mitos karena, hanya mengonsumsi multivitamin tidak dapat mencegah penyakit apa pun, kecuali Anda juga membuat perubahan gaya hidup sehat tertentu, bersama dengan mengonsumsi suplemen ini.

4. Kehamilan Berisiko Dapat Memicu Penyakit Jantung
Ahli jantung mendesak pasien wanita untuk memberi tahu mereka jika mereka mengalami komplikasi selama kehamilan dan persalinan, karena itu juga bisa menjadi alasan penyakit jantung. Komplikasi ini menunjukkan adanya kelainan pada pembuluh darah, yang sudah ada, yang dapat memicu penyakit jantung di kemudian hari dalam hidup!

5. Anggur Merah Tidak Mencegah Penyakit Jantung
Namun mitos lain yang banyak orang percaya saat ini adalah beberapa gelas anggur merah per hari dapat membantu menjaga jantung Anda tetap sehat dan mencegah penyakit jantung. Meskipun mungkin benar bahwa anggur merah baik untuk jantung, berlebihan dan meminumnya setiap hari sebenarnya bisa berakibat buruk bagi jantung, bersama dengan menaikkan risiko kondisi kesehatan lainnya, termasuk alkoholisme!

6. Berhenti Merokok
Semua ahli kesehatan, termasuk ahli jantung, menyarankan orang untuk berhenti merokok, karena merokok adalah penyebab nomor satu dari berbagai macam penyakit dan dapat berakibat fatal! Dalam kasus penyakit jantung, merokok juga merupakan salah satu penyebab utama, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dan memblokir arteri, menyebabkan serangan jantung!

7. Kelola Stres
Ahli jantung di seluruh dunia setuju bahwa stres juga merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung, bahkan pada individu yang mempertahankan gaya hidup sehat. Jadi, dokter mendorong orang untuk belajar bagaimana mengelola stres dan melakukan yoga atau meditasi, yang dapat membantu mereka meredakan stres kronis, untuk menjaga kondisi jantung yang berbahaya.

Editor: Ramadhani