Mengangkat Barang Berat Bisa Picu Sakit Kepala

"Jika membawa barang yang beratnya lebih dari 10 persen berat badan, artinya anda telah memberikan terlalu banyak tekanan pada tubuh Anda"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Hasil riset menunjukkan ada faktor-faktor yang tampaknya tidak berhubungan tapi dapat menyebabkan sakit kepala hebat. Dilansir dari Dailymail fisioterapis yang berbasis di London Naomi Sofer mengatakan bahwa salah satu contonhya adalah membawa benda berat.

DIketahui jika berat barang bawaan itu seharusnya kurang 10 persen dari berat badan anda. Anda telah memberikan terlalu banyak tekanan pada tubuh Anda yang pada gilirannya dapat menyebabkan sakit kepala. Anda harus mengurangi beban dan bawa apa yang anda butuhkan saja.

Jika Anda sering membawa beban berat, seperti laptop atau buku berat untuk belajar, maka olahraga secara teratur, lalukan akupuntur dan peregangan untuk mengatasi sakit kepala. Kadang-kadang mengangkat beban dengan teknik pernapasan yang tidak benar dapat memberikan Anda sakit kepala saat beraktivitas.

Jika anda menahan nafas sehingga wajah memerah saat mengangkat beban, berarti anda telah melakukan teknik pernafasan yang salah. Hal ini disebut Valsava manuver dan dapat meningkatkan tekanan darah ke tingkat yang sangat tinggi dan dapat memicu sakit kepala yang dapat memburuk dengan cepat.  Untuk menghindari salah satu sakit kepala yang sangat menyakitkan, bernafaslah secara teratur pada saat mengangkat beban berat untuk mempertahankan tekanan darah.

Selain itu, duduk terlalu lama juga bisa memicu sakit kepala. Hal ini dapat disebabkan oleh duduk dalam posisi membungkuk sehingga menempatkan tekanan pada sendi dan otot di dasar tengkorak dan leher yang dapat menyebabkan sakit kepala. Anda bisa mengatasinya dengan duduk secara tegak dan sering lakukan peregangan jika sudah duduk cukup lama.