Ini Manfaat Bubuk Tawas Selain Untuk Mengatasi Bau Ketiak

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bedak tawas. Bubuk berwarna putih ini digunakan untuk mengatasi bau ketiak sejak lama.

Melansir dari Metropolitan Girls, bedak tawas termasuk bahan alami ramah lingkungan yang terbuat dari garam mineral. Umumnya, tawas adalah alumunium potassium sulfate yang murni dan tisak berbau.

Di Filipina, bedak tawas cukup populer karena bisa menggantikan fungsi deodoran biasa. Bedak ini pun sangat mudah ditemukan di toko kecantikan hingga pedagang kaki limaa.

Baca Juga

Cara bedak tawas bekerja dengan menerapkannya pada area yang bekeringat di siang hari. Bedak tawas juga bisa membantu mengatasi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Adapun 5 manfaat lainnya dari penggunaan bedak tawas, antara lain :

1. Deodoran yang efektif

Bedak tawas bisa digunakan sebagai deodoran yang efektif mengatasi bauk ketiak. Cara menggunakannya, letakkan bubuk di ketiak setelah habis mandi seperti menggunakan deodoran biasa.

Anda juga bisa mencampur sedikit air ke dalam bubuk tawas sebelum dioleskan ke ketiak. Bedak tawas juga memiliki efek memutihkan dan mencerahkan kulit area ketiak.

2. Aftershave untuk pria dan wanita

Anda juga bisa menggunakan bedak tawas sebagai aftershave setelah mencukur rambut ketiak. Tetapi, berhati-hatilah ketika menggunakan bubuk tawas sebagai aftershave.

Karena area kulit ketiak yang baru saja dicukur lebih sensitif dan bubuk tawas terbuat dari garam mineral yang mungkin saja bisa menimbulkan iritasi.

3. Mencegah bau kaki

Sama seperti ketiak, kaki juga bisa menimbulkan bau menyengat. Pakai bedak tawas sebelum tidur bisa mengatasi bau kaki. Karena, tawas membantu meringankan gejala keringat di pagi hari dan sepanjang hari yang bisa menyebabkan bau.

4. Menyembuhkan sariawan

Bedak tawas juga bisa digunakan sebagai penyembuhan luka di dalam mulut, seperti sariawan. Tetapi, cara ini pasti akan terasa menyakitkan dan tidak nyaman.

Caranya, oleskan bedak tawas ke sariawan. Bedak tawas dapat membantu mengobati rasa sakit dan menyembuhkan luka lebih cepat.

Umumnya dilansir dari Medical Health Guide, bedak tawas aman untuk penggunaan topikal sebagai deodoran, astringent, obat kumur dan mencuci kulit. Bedak tawas juga aman untuk bayi, wanita hamil hingga ibu menyusui.

Tetapi, bubuk tawas yang merupakan alumunium kalium sulfat bisa memberikan efek samping pada sperma pria. Sebuah penelitian dalam “Jurnal Fisiologi dan Farmakologi India” 1998, konsentrasi larutan tawas yang berbeda memiliki efek berbeda pada sperma, motilitas / kematian dan tingkat fruktosa semen. Konsentrasi yang lebih tinggi memiliki efek yang lebih tinggi. (*)

Editor: Eko Fajri