Ini Tips Menurunkan Risiko Kanker Paru pada Pria

"Selain dengan berhenti merokok ada hal lain yang bisa menurunkan risiko munculnya kanker paru pada pria"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Kanker paru adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang pria selain kanker prostat. Kanker ini akan naik kalau seorang pria merokok secara aktif dan pasif. Racun yang masuk ke dalam tubuh bisa membangkitkan sel kanker perlahan-lahan dan akhirnya tumbuh dan menyebar di sekitar paru.

Dengan menurunkan jumlah konsumsi rokok, risiko kanker bisa diturunkan. Selain dengan berhenti merokok ada hal lain yang bisa menurunkan risiko munculnya kanker paru pada pria. Berikut tujuh tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini juga agar tubuh khususnya paru-paru bisa sehat.

1. Menjaga Tubuh agar Selalu Ideal
Skala dari BMI atau body mass index sangat penting untuk mengetahui apakah tubuh ada pada kondisi normal atau sedang obesitas. Kalau sudah ada pada kondisi normal atau skala berada di bawah 25, Anda mungkin tidak perlu khawatir. Namun, kalau skala berada di atas 25 hingga memasuki angka 30 yang artinya obesitas, Anda sebaiknya hati-hati.

Risiko kanker paru akan menjadi lebih besar dari sebelumnya, Oleh karena itu ada baiknya untuk mengendalikan apa yang dimakan dan membuat defisit kalori. Imbangi juga masalah ini dengan melakukan olahraga secara rutin.

2. Mulai Mengurangi Konsumsi Minuman Keras
Efek dari alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan sama dengan rokok. Racun yang ada di dalamnya bisa memicu kanker di paru. Selain itu, alkohol juga mengandung kadar gula yang memicu kegemukan terjadi pada pria. Kurangi alkohol atau kalau bisa berhenti untuk mengonsumsinya.

Kalau seseorang sudah terbiasa mengonsumsi alkohol mungkin akan sulit untuk mengurangi konsumsinya. Meski demikian, siapa saja bisa menguranginya asal ada keinginan yang kuat untuk bisa hidup dengan baik dan bebas dari kanker paru yang sangat mematikan.

3. Menghindarkan Paparan Racun ke Tubuh
Paparan racun yang bisa masuk ke dalam tubuh ini ada banyak. Biasanya racun yang masuk ke dalam tubuh berasal dari ... Baca halaman selanjutnya