Psikolog: Mampukah Kematangan di Beli dengan Uang?

"Dengan uang, semuanya beres. Itu adalah persepsi yang salah"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Psikolog Kuswardani menyatakan bahwa kematangan mental dan tanggungjawab seorang anak merupakan regulasi yang harus diatur dengan ketat oleh orang tua. Tak peduli dari kalangan manapun, kematangan anak dalam bertanggungjawab harus didampingi.

"Jangan mentang-mentang kita punya strata sosial yang tinggi, maka tanggungjawab terhadap anak kita sepelekan. Ini hal yang tak boleh dilakukan. Jangan hanya diberi uang, maka kita berpikir segala hal soal tanggungjawab anak bisa dibeli. Itu adalah hal yang salah," katanya saat dihubungi, Senin, 18 November 2019.

Menurutnya banyak pemikiran orang tua hari ini yang salah persepsi soal tanggungjawab terhadap anak. "Beberapa orang tua berpikir dengan mencukupi kebutuhan anak, tanggungjawab itu sudah tuntas. Dengan uang, semuanya beres. Itu adalah persepsi yang salah," katanya.

Ia mengatakan uang tak bisa membeli tanggungjawab orang tua dalam hal mendidik kematangan anak. "Anak harus didampingi soal hal ini. Uang bukanlah segalanya. Orang tua harus menekankan kembali ke dirinya bahwa mereka punya tanggungjawab dalam memberikan kesiapan kepada anak, termasuk fisik dan mental," jelasnya.

"Sehingga tanggungjawab yang dijalankan orang tua harus tetap dijalankan kepada anak. Sayang kepada anak dengan memanjakannya tentu sah-sah saja namun harus ingat lagi bahwa semua itu harus dalam kontrol yang pas. Jangan sampai kita menyesal dengan apa yang telah kita berikan kepada anak," tuturnya. (*)