Tidur Terbukti Ikut Berperan Tingkatkan Kesehatan Otak

"Para peneliti berpikir bahwa cairan serebrospinal (CSF) dapat membuang limbah beracun serta "membersihkan" otak"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sebuah penelian terbaru menungkapkan jika tidur juga diperlukan untuk kesehatan pikiran. Pasalnya tidur dapat membersihkan racun di otak.

Dilansir dari Inc, studi baru yang terbit pada jurnal Sains menyatakan kondisi tidur memungkinkan otak untuk bersih-bersih. Dengan tidur, semua racun yang menumpuk sehari-hari akan dibersihkan. Insinyur biomedis Laura Lewis meminta sekelompok subjek studi untuk mengambil tidur sebentar di mesin MRI untuk mencari tahu.

Para peneliti menggunakan electroencephalography (EEG) untuk memantau gelombang otak dari 13 orang dewasa yang sedang tidur. Para peneliti berpikir bahwa cairan serebrospinal (CSF) dapat membuang limbah beracun serta "membersihkan" otak. Penelitian lalu menunjukkan bahwa pembersihan racun atau sampah di otak sangat meningkat selama tidur.

"Kami telah menemukan ada gelombang CSF yang sangat besar yang muncul di otak hanya saat tidur," kata Laura Lewis. "Efek ini sangat mengejutkan, dan kami juga tertarik pada apa artinya menjaga kesehatan otak, terutama pada gangguan seperti penyakit Alzheimer," terangnya.

Tak hanya penderita Alzheimer atau penyakit lain yang terkait dengan penumpukan racun di otak yang harus diperhatikan. Sebagaimana pakar tidur Maiken Nedergaard berkomentar bahwa penelitian ini memiliki implikasi untuk hampir semua orang.

"Mungkin pesan yang paling penting adalah bahwa tidur adalah hal yang serius," katanya. "Anda benar-benar perlu tidur untuk menjaga otak yang sehat karena menghubungkan aktivitas listrik ke fungsi rumah tangga yang praktis."