Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Daun Serai

"Daun serai mengandung antioksidan yang diketahui sebagai penangkal yang baik untuk radikal bebas."
Daun Serai (net)

KLIKPOSITIF-Para peneliti percaya bahwa asam lambung yang naik membawa radikal bebas ke lapisan kerongkongan. Kondisi ini bisa membuat seseorang berisiko mengalami esofagitis. Serai dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tentu diketahui sebagai penangkal yang baik untuk radikal bebas.

Banyak yang percaya bahwa secangkir teh serai hangat dapat membuat perut lebih rileks. Teh serai juga dipercaya sebagai penawar asam lambung yang naik. Perlu diingat, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan serai untuk mengobati asam lambung yang naik.

baca juga: Konsumsi Buah dan Sayur Ini untuk Jantung Lebih Sehat

Selain mengandung antioksidan yang cukup tinggi, tanaman ini juga diduga memiliki sifat antibakteri, analgesik, antidepresan, antiperadangan, dan diuretik. Meski manfaatnya banyak, bukan berarti serai bisa menggantikan fungsi obat ketika anda didiagnosis dengan suatu penyakit.

Masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui berapa banyak dosis serai yang dapat digunakan seseorang untuk menurunkan asam lambung. Perlu diingat pula bahwa tidak semua tanaman alami aman dikonsumsi. Pastikan Anda mengikuti anjuran yang tertera atau jika ragu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum rutin menggunakannya.

Cara membuat teh serai

Selain berguna untuk kesehatan Anda, teh serai juga bisa menjadi variasi jika Anda bosan dengan teh hitam atau teh hijau.

Berikut adalah tips mengolah tanaman sereh menjadi teh yang segar dan menyehatkan.

Potong batang tanaman sereh menjadi 4-5 cm per potongan.
Panaskan air di dalam panci hingga mendidih
Tuangkan air panas tersebut ke atas potongan sereh.
Diamkan selama 5 menit.

Saring air tersebut dan tuangkan ke dalam cangkir teh Anda. Usahakan untuk tidak ... Baca halaman selanjutnya