Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah, Ini Manfaat Kunyit

"kandungan kurkumin pada kunyit terbukti dapat mengurangi risiko peradangan tubuh."
kunyit (net)

KLIKPOSITIF-Kunyit adalah tumbuhan kaya manfaat yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Tanpa memerlukan perawatan khusus, membuat tanaman ini gampang dipelihara.

Kunyit sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti meredakan nyeri otot setelah olahraga dan mengelola hormon stres tubuh serta baik untuk ibu menyusui. Dilansir dari HelloSehat, banyak manfaat yang bisa ibu menyusui dapatkan ketika mengonsumsi kunyit. Berikut ini beberapa di anataranya:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut sebuah laporan tentang manfaat kunyit bagi kesehatan manusia, kandungan kurkumin pada kunyit terbukti dapat mengurangi risiko peradangan tubuh.

Hal ini karena kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bersifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Ketiganya berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menjauhkan ibu dari virus dan bakteri selama menyusui. Dengan begitu, anak Anda pun akan jauh dari gangguan penyakit.

baca juga: Perketat Pengamanan, Polda Sumbar Pasang Alat X-Ray

Mengurangi peradangan

Tidak hanya meningkatkan sistem imun, manfaat kunyit untuk ibu menyusui ternyata juga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada payudara.

Pada beberapa kasus, seorang ibu dapat merasakan nyeri saat menyusui bayinya akibat kelenjar susu yang tersumbat dan menyebabkan payudara membengkak. Nah, ternyata, krim topikal (salep) kurkumin mampu membantu mengatasi masalah tersebut.

Pada tahun 2014 terdapat sebuah penelitian mengenai kemanjuran krim kurkumin untuk mengurangi peradangan terhadap penderita mastitis laktasi. Di dalam penelitian tersebut dilibatkan 63 ibu menyusui yang diolesi krim tersebut selama 3 hari setiap 8 jam.

Hasil dari penelitian tersebut memang tidak menunjukkan perbedaan yang drastis, tetapi cukup meyakinkan. Setelah 72 jam, ... Baca halaman selanjutnya