Riset: Jam Makan Pengaruhi Potensi Penyakit Jantung Bagi Wanita

"wanita yang makan malam setelah pukul 6 sore bisa menghadapi risiko lebih besar terserang penyakit jantung."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Hasil penelitian terbaru menemukan bahwa jam makan juga ikut berkontribusi pada resiko penyakit jantung. Dilansir dari Daily Mail, wanita yang makan malam setelah pukul 6 sore bisa menghadapi risiko lebih besar terserang penyakit jantung.

Mereka yang makan melebihi waktu tersebut memiliki lebih banyak faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, indeks massa tubuh tinggi dan kontrol gula darah yang buruk. Pakar Universitas Columbia, yang meneliti 112 wanita, mengatakan memilih makan lebih awal di malam hari bisa menjadi cara 'sederhana' untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Peserta dalam penelitian rata-rata berusia 33 tahun. Mereka diberi skor kesehatan jantung pada awal penelitian. Relawan membuat catatan makanan elektronik tentang apa, berapa banyak dan kapan mereka makan selama satu minggu di awal dan di memasuki akhir penelitian.

Hasilnya menunjukkan makan setelah pukul 6 sore dikaitkan dengan kesehatan jantung yang buruk. Wanita yang mengonsumsi proporsi kalori harian yang lebih tinggi setelah pukul 6 sore, rata-rata memiliki tekanan darah yang lebih tinggi.

Mereka juga kelebihan berat badan dan kurang mampu mengontrol gula darah mereka. Padahal, kedua hal itu merupakan faktor risiko serius untuk penyakit jantung. Sebelumnya pada tahun 1992, peneliti Harvard menemukan bahwa pria yang secara teratur memanjakan diri dalam 'camilan tengah malam' memiliki risiko 55 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.