Enam Kebiasaan yang Bisa Jadi Kurang Baik bagi Usus

"ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari sering kita lakukan namun bisa memberikan dampak buruk bagi usus"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Salah satu bagian tubuh yang memiliki peran besar bagi kesehatan secara keseluruhan adalah usus kita. Tak hanya membantu menyerap nutrisi makanan, dalam realitanya usus juga bisa memberikan pengaruh besar bagi kekuatan sistem kekebalan tubuh. Masalahnya adalah kita terkadang melakukan kebiasaan buruk yang bisa membuat usus kita berada dalam kondisi yang kurang sehat.

Pakar kesehatan Ara Katz yang berasal dari perusahaan penelitian kesehatan usus, Seed, menyebut ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari sering kita lakukan namun bisa memberikan dampak buruk bagi usus. Kebiasaan-kebiasaan ini bahkan sering dianggap sebagai sesuatu yang sehat. Padahal, hal ini belum tentu benar.

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan tersebut.

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Tinggi Protein
Makanan dengan kandungan protein tinggi seperti daging-dagingan memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, protein juga baik bagi kesehatan kulit, tulang, dan otot. Hanya saja, jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan Christine Lee dari Cleveland Clinic menyebut konsumsi makanan berprotein tinggi dengan berlebihan bisa membebani kinerja usus, apalagi jika kita juga kurang mengimbanginya dengan serat atau mengonsumsinya bersamaan dengan karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang juga tinggi. Dampaknya tentu akan membuat fungsi dan kondisi usus menurun dengan signifikan.

2. Bangun Terlalu Pagi
Bangun pagi memang baik bagi kesehatan, apalagi jika kita mau menyempatkan diri untuk melakukan olahraga atau menikmati sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D. Hanya saja, jika kita terbiasa bangun terlalu pagi, bisa jadi akan memberikan efek buruk bagi kesehatan usus.

Hal ini disebabkan oleh waktu tidur yang menjadi berkurang atau pola tidur yang menjadi lebih kacau. Kondisi ini akan mengacaukan kondisi pencernaan, metabolisme, hingga jadwal buang ... Baca halaman selanjutnya