Survei: Soal Kesehatan Orang lebih Percaya Google Dibanding Dokter

"banyak orang memilih bertanya pada google dibanding konsultasi ke dokter."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sebuah survei mengungkap jika orang lebih percaya pada google dibanding hasil diagnosa dokter perihal masalah kesehatan. Artinya saat sakit, kini banyak orang memilih bertanya pada google dibanding konsultasi ke dokter.

Dilansir dari laman Dailymail, Senin (11/10/2019) temuan dilakukan setelah dilakukan survei terhadap 2.000 orang Amerika, dan sebanyak 54 persen mengaku menggunakan Google sebagai panduan mendiagnosis diri sendiri. Tapi saat ditelusuri penemuannya gejala lebih berbahaya dari yang dialaminya

Sebanyak 74 persen dari responden mengaku merasa jauh lebih khawatir tentang kesehatan mereka. Parahnya hanya kurang dari 40 persen yang mengakui bahwa saran medis di Google bisa diandalkan. Saat ditanyakan alasan mengapa memilih internet dibanding dokter jawabannya cukup beragam, seperti tidak punya dokter khusus, menghindari dokter karena biaya perawatan, dokter tidak percaya saat pasien menjelaskan gejala yang dialami, hingga tidak punya waktu pergi ke rumah sakit.

"Fakta baru, bahwa lebih dari separuh orang dewasa AS beralih ke Google untuk mempelajari lebih lanjut tentang gejala-gejala sakit mereka," ujar Robert Mordkin, Direktur Medis LetsGetChecked.

Dia mengatakan perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menemui dokter. Selain itu juga diperlukan solusi yang lebih baik untuk menguji, mengelola, dan mengetahui kesehatan setiap individu.