Bunda, Yuk Ubah Pola Pikir Soal Susu Kental Manis

" Susu Kental Manis (SKM) tidak bisa dijadikan sebagai pengganti air susu ibu (ASI) bagi bayi dibawah 12 bulan atau untuk bayi dibawah lima tahun (Balita)."
(KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Susu Kental Manis (SKM) tidak bisa dijadikan sebagai pengganti air susu ibu (ASI) bagi bayi dibawah 12 bulan atau untuk bayi dibawah lima tahun (Balita). Hal ini karena kandungan gula yang berlebihan pada SKM mengakibatkan gizi buruk pada anak.

Ketua Harian Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia(YAICI) Arif Hidayat mengatakan ada pola pikir yang tertanam di pikiran Ibu-ibu bahwa Susu Kental Manis (SKM) adalah susu yang harus dikonsumsi setiap hari oleh anggota keluarga.

"Ini adalah hal yang menyesatkan dari iklan SKM. Produsen berhasil menanamkan ini dalam pemikiran kita kurang lebih hampir 100 tahun bahwa SKM susu bergizi bagi keluarga sehingga kita dianjurkan minum ini minimal 3 kali sehari. Faktanya kandungan gula sangat tinggi yakni sekitar 50 persen, sedangkan susu atau protein cuma sampai 5 persen sehingga iklan ini menyesatkan, dan ini sudah tertanam dalam pemikiran Ibu-ibu Indonesia," katanya di sela-sela kegiatan edukasi pangan sehat bergizi bersama PP Aisyiyah Sumatera Barat, Selasa, 5 November 2019.

Ia mengatakan dari survei yang dilakukan di Kendari, 97 persen masyarakat menganggap SKM adalah susu. "Sehingga salah satu langkah kita dalam mengubah pemikiran yang tertanam selama ini dengan menginformasikan ke masyarakat bahwa yang kita minum selama ini adalah gula, yang sama dengan sirup beraroma gula atau tidak lebih daridari sirup2 biasa yang beraroma susu," jelasnya.

Menurutnya, BPOM juga sudah tegas pada 22 Mei 2018 dengan mengeluarkan edaran yang menyatakan bahwa SKM tdak boleh diiklankan dalam bentuk susu dalam gelas. "SKM sebagai toping makanan dan sebagai pecampur minuman namun itu hilang setelah keluarnya Perka pada bulan Oktober 2018 yakni Perka 31 pasal 57 poin w, yakni dengan memvisualisasikan iklan iklan SKM sebagai minuman tidak tunggal dalam arti boleh ditampilkan dalam gelas dengan makanan lainnya. Namun dengan mengubah visualisasi ini, apakah kadar gula dalam SKM ... Baca halaman selanjutnya