Sering Diserang Flu dan Batuk, Ini Minuman Sederhana yang Bisa Menyembuhkannya

"Sesendok madu murni yang dicampur ke dalam segelas air putih kemudian diminum rutin dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF- Flu dan batuk dapat menyerang tubuh dengan mudah ketika kekebalan tubuh lemah. Apalagi memasuki musim penghujan dengan cuaca tak menentu. Asupan makanan yang bergizi, pola hidup sehat, olahraga, dan cukup istirahat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Jika sudah telanjur mengalami gejalanya, berikut inidaftar minuman penghilang flu dan batuk yang bisa dibuat di rumah dengan mudah:

Wedang Jahe
Ada kandungan minyak atsiri di dalam jahe yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan tenggorokan. Air rebusan jahe atau wedang jahe paling dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum tidur tiap malamnya supaya tidur tidak terganggu dengan hidung tersumbat/berair maupun tenggorokan gatal dan batuk-batuk.

Air Madu
Sesendok madu murni yang dicampur ke dalam segelas air putih kemudian diminum rutin dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh kembali kuat, otomatis flu dan batuk jadi lebih cepat hilang alias sembuh. Bahkan air madu yang bisa diminum anak-anak hingga orang dewasa ini siap melawan iritasi di tenggorokan.

Air Jeruk Nipis Hangat
Baik itu flu ataupun batuk, air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis bisa jadi obat alami yang efektif. Ini karena jeruk nipis sendiri menawarkan manfaat sebagai solusi tenggorokan gatal, suara serak, panas demam, dan juga gangguan pernapasan. Tambahkan sedikit madu jika kurang menyukai rasanya yang begitu asam.

Air Kayu Manis
Ada sifat antioksidan di dalam kayu manis di mana vitamin dan nutrisi lainnya pun siap untuk mencegah sekaligus mengatasi flu. Air kayu manis hangat bisa dinikmati setiap sore atau malam hari secara rutin sampai gejala mereda. Cukup campurkan ½ batang kayu manis bersama cengkeh 2 buah dan jahe sepotong untuk direbus bersama di dalam air mendidih; air rebusan ini bisa diminum hangat-hangat setelah ditambah dengan madu sesuai selera.