Orang Kidal Punya Banyak Kelebihan, Apa Itu?

"Penelitian kami menemukan bahwa orang yang kidal memiliki komunikasi antara otak kanan dan kiri yang lebih terkoordinasi"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Anda pasti pernah melihat orang dengan tangan kidal di lingkungan sekitar. Orang kidal akan lebih menggunakan tangan kirinya daripada kanan.

Biasanya semua aktivitas ia lakukan dengan tangan kiri, baik menulis, menyisir rambut, memegang raket atau lainnyaa. Sayangnya, masih banyak orang menganggap kidal adalah buruk.

Banyak orang tua sering meminta anaknya yang kidal untuk menggunakan tangan kanannya melakukan aktivitas. Bahkan, terkadang mereka memaksa anak untuk menggunakan tangan kanannya.

Padahal orang kidal justru memiliki keistimewaan tersendiri. Baru-baru ini para peneliti telah mengidentifikasi empat sisi di otak dari orang yang kidal.

Ternyata orang kidal justru memiliki keterampilan bahasa yang lebih unggul. Selain itu, mereka juga lebih cenderung multitasking.

"Penelitian kami menemukan bahwa orang yang kidal memiliki komunikasi antara otak kanan dan kiri yang lebih terkoordinasi," jelas dr Akira Wiberg, seorang anggota Dewan Riset Medis di Universitas Oxford, dikutip dari mirror.co.uk.

Profesor Dominic Furniss, anggota penelitian itu juga mengakui bahwa masih banyak orang yang menganggap bahwa orang kidal biasanya tidak beruntung hingga jahat.

Tetapi, tim penelitiannya berusaha membuktikan bahwa kidal adalah konsekuensi dari perkembangan biologi otak, sebagian didorong oleh interaksi kompleks dari banyak gen.

Gen itulah yang menyebabkan orang terlahir kidal, meski belum bisa diidentifikasi gen seperti apa yang menyebabkan kidal.

Para peneliti menemukan ciri-ciri genetik kidal di area otak yang berhubungan dengan kemampuan bahasanya. Orang kidal, terutama anak perempuan, justru lebih mampu berbicara lancar serta kaya kosakata.

"Untuk pertama kalinya pada manusia, kita dapat membuktikan bahwa kidal sebenarnya dapat diidentifikasi di otak," jelasnya.

Selain itu, orang kidal juga lebih jago dalam bidang olahraga, seperti tenis, berenang, ... Baca halaman selanjutnya